Jumat 09 Mar 2018 21:09 WIB

Startup Game Cloud Program Telkom Bidik 23 Juta Gamers

Ada dua paket yang ditawarkan, yakni Basic Plan dan Premium.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Budi Raharjo
Perusahaan Start up/ilustrasi
Foto: VOA
Perusahaan Start up/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG -- Salah satu startup bidang cloud game peserta program Digital Amoeba PT Telkom Indonesia, Emago.id, membidik 23 juta gamers Tanah Air usia 17-35 tahun yang saat ini masih gunakan layanan luar. Menurut Co-founder dan CMO Emago, Izzuddin Alazzam, total pangsa penyuka game digital di Tanah Air saat ini berjumlah 43 juta.

Dari angka tersebut, nyaris separuhnya penyuka gim kasual yang memerlukan perangkat memadai. "Angka yang kami peroleh, angka 23 juta itu adalah penyuka game dengan device kurang memadai. Inilah yang jadi sasaran utama kami sebagai penyedia cloud game pertama di Indonesia," ujar Izzuddin Alazzam yang akrab disapa Azzam dalam siaran persnya, Jumat (9/3).

Menurut Azzam, selama ini gamers memainkan layanan serupa dari luar seperti Steam. Pihaknya, membuat Emago.id dibuat untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan gamers untuk bermain gim. Bahkan lebih dari sekadar murah, emago.id juga membuat gamers bermain gim semudah akses lagu di Spotify atau akses film di Netflix.

Saat ini, kata Azzam, ada dua paket, yang ditawarkan yakni Basic Plan cukup Rp 100 ribu per bulan untuk bisa mainkan 20 game pilihan serta Premium Rp 150 ribu agar bisa mainkan 40 game terbaik. Pilihan judul game antara lain Dirt Rally, WRC 6, Redout, Red Faction, Star Wars 3, Grid, Moto GP15, Dark Siders, dan SW Force.

Dengan tarif semenarik ini, maka Emago juga memiliki misi edukasi menghindari game ilegal hasil bajakan yang banyak diakses melalui Torrent. Azzam menjelaskan, untuk layanan luar itu cukup ribet karena harus membeli lisensi, men-download, dan menginstalasi game. Setelah itu, memainkan dengan file bawaan game akan membuat laptop berat.

"Kalau layanan kami, ya tak perlu itu semua, bahkan spek laptop biasa pun bisa, sehingga tak beratkan laptop dengan layanan dimainkan seringan Youtube," katanya.

Azzam mengatakan, skema kerja sama bagi hasil antara pihaknya dengan publisher membuat layanan selain lebih terjangkau, juga relatif handal. Asalkan, ada akses internet pengguna minimal 4 Mbps karena, seluruh game diakses langsung dari server penyedia yang disimpan di Indonesia.

Emago.id, yang dibesut empat karyawan PT Telkom alumni GPDP 4 tahun 2016 itu, memproyeksikan layanan mereka bisa disambut pasar dengan responsif sekalipun saat ini baru mencapai ratusan sejak dirilis pertama 1 Maret lalu. Para penggawa Emago rerata adalah para karyawan yang menang Socio Digi Leader 2016, sebuah kompetisi start up yang sekaligus ajang rekrutmen karyawan.

Saat ini, kata Azzam, memang masih untuk versi Windows, tapi ke depannya ia sedang mengembangkan untuk versi Mac bahkan Android ke depannya. "Penyuka game casual sih biasanya tak enjoy main di smartphone karena grafisnya terbatas, tapi kami akan sambil lihat dan coba hadirkan pada tahun 2019 mendatang," katanya.

Program startup digital PT Telkom Indonesia, Digital Amoeba, memungkinkan karyawan BUMN tersebut mendirikan start up internal, yang jika sukses, maka memungkinkan diinjeksi modal hingga menjadi anak perusahaan sendiri.

Menurut CEO Digital Amoeba Fauzan Feisal, dari 60 rintisan usaha peserta saat program dimulai Januari 2017, tersisa saat ini 17 perusahaan siap beroperasi dengan beberapa diantaranya sudah digunakan Telkom Group. Rintisan yang masih bertahan antara lain Usight, SmartEye, Kiwari, Emago, Geekpro, Ketitik, Open Trip, Helio, KitaIna, Pometera, Pasarkoe, dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement