Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Pemprov DKI Kebut Pengerjaan Trotoar Sudirman-Thamrin

Selasa 06 Mar 2018 17:30 WIB

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Bayu Hermawan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan konsep baru penataan jalan dan trotoar Sudirman-Thamrin di Balai Kota, Selasa (6/3).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan konsep baru penataan jalan dan trotoar Sudirman-Thamrin di Balai Kota, Selasa (6/3).

Foto: Republika/ Mas Alamil Huda
Pemprov menargetkan penataan selesai sebelim Asian Games dimulai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsep baru penataan jalan dan trotoar di sepanjang Sudirman-Thamrin selesai digarap. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menargetkan penataan tersebut selesai sebelum gelaran Asian Games pada Agustus mendatang.

"Kita targetkan sebelum Asian Games sudah selesai. Deadline kami adalah Asian Games," kata Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal di Balai Kota, Selasa (6/3).

Yusmada mengatakan, saat ini pengerjaan sudah mulai dilakukan. Beberapa titik sudah dibongkar untuk disesuaikan dengan desain baru yang telah disetujui Gubernur Anies Baswedan. Ia meyakini, target lima bulan penyelesaian proyek ini bisa tercapai.

Dia menambahkan, Kota Jakarta dan Palembang akan menadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games. Penataan Sudirman-Thamrin ini mengulang sejarah saat Asian Games 1962. Saat itu, kata dia, dibangun Stadion Gelora Bung Karno, termasuk juga Jalan Sudirman-Thamrin. Saat Asian Games 2018 juga dilakukan hal yang sama.

"Penataan koridor jalan Sudirman-Thamrin akan menerapkan konsep resizing atau ukuran jalan yang disesuaikan dengan konteks kekinian," ujar dia.

Anies resmi meluncurkan konsep baru penataan jalan dan trotoar Sudirman-Thamrin. Dalam konsep baru ini, Anies merombak konsep awal yang dirancang di era mantan gubernur Djarot Saiful Hidayat yang tidak mengakomodasi pemotor di jalan protokol tersebut.

Dia meminta semua elemen bekerjasama untuk merampungkan pekerjaan penataan koridor Sudirman-Thamrin sesuai dengan rencana. "Harus on quality, on time, on budget," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA