Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Ini Tarian yang Diciptakan Guruh untuk Batam Menari 2018

Jumat 02 Mar 2018 07:57 WIB

Red: Hazliansyah

Batam Menari 2018

Batam Menari 2018

Foto: ist
Nama tariannya adalah Rampai Batam

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Guruh Soekarno Putra antusias bisa terlibat dalam ajang "Batam Menari 2018" yang akan melibatkan lebih dari 16 ribu masyakat dari berbagai unsur untuk menari bersama. Guruh menciptakan satu jenis tarian yang akan dibawakan secara massal oleh seluruh peserta dalam acara yang akan berlangsung pada 8 April mendatang.

"Nama tariannya adalah Rampai Batam. Rampai kan artinya bermacam-macam kelopak bunga, tapi Rampai tarian khas Batam ini adalah tarian yang mewakili dari beberapa etnis yang menunjukkan multi etnis di Batam," ujar Guruh Soekarno Putra dalam pernyataanya, Kamis.

Ia menjelaskan, terdapat empat unsur etnis yang dihadirkan dalam tarian. Yakni Melayu, Minang, Batak dan Cina. Semuanya dirangkai menjadi satu koreografi tarian nan indah yang begitu menunjukkan keselarasan dan persatuan dalam kehidupan masyarakat.

"Kami membuat gerakan yang menurut kami tidak terlalu rumit dan sulit. Kalau nanti praktiknya ternyata masih agak terlalu sulit, kami akan modifikasi sederhanakan," ujar Guruh.

Dalam tarian berdurasi tujuh menit itu, dikatakan Guruh merupakan koreografi ciptaan terbaru. Ia pun berharap nantinya masyarakat bisa ikut berpartisipasi menari, bergoyang yang akan membuat Batam semakin dikenal dan menjadi daya tarik wisatawan.

"Kalau untuk kostum lihat nanti, karena masih kami persiapkan. Kami harapkan di hari H nanti masyarakat dapat turut serta menari bersama kita semua," ujar Guruh.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo menambahkan, "Batam Menari 2018" nantinya akan dilaksanakan di sekitar Batam Centre. Dimulai pada sore hari dengan suguhan berbagai macam pertunjukkan musik dan pameran kuliner.

"Lalu memasuki persiapan dan setelah Isya para penari dan masyarakat akan berkumpul. Kita harapkan jumlahnya dapat sesuai target 16 ribu sehingga dapat memecahkan rekor MURI," ujar Lukita.

Dalam acara tersebut, ujar Lukita, bakal melibatkan banyak unsur. Mulai dari BP Batam sendiri, Pemkot Batam, TNI/Polri, Paguyuban-Paguyuban, dan berbagai kelompok lainya hingga pelajar dan mahasiswa.

"Nanti puncaknya akan ditutup dengan konser Wali, Zaskia Gotik, Angel Percuission dan MC Ivan Gunawan. Seperti biasa kita juga melibatkan UMKM dengan tenda-tenda wisata kuliner. Diharapkan menjadi pesta rakyat bersama," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA