Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Penyewa Temukan Berlian di Rumah Sewaan

Selasa 27 Feb 2018 18:13 WIB

Red: Ani Nursalikah

Ilustrasi

Ilustrasi

Foto: Reuters
Berlian itu kemungkinan disimpan di rumah tersebut selama lebih dari 10 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, CAIRNS -- Sudah menjadi kebiasaan bagi para penyewa rumah di Australia untuk membersihkan rumah sewaan mereka sebelum pindah, dan ketika melakukan hal tersebut di Cairns, Queensland, Australia seorang penyewa menemukan sejumlah berlian.

Menurut polisi, kemungkinan berlian tersebut sudah disimpan di rumah tersebut selama lebih dari 10 tahun. Senior Constable Russel Parker dari Kepolisian Queensland mengatakan di sekitar tahun 2000 seseorang meninggalkan berlian di dalam rumah tersebut.

"Dan berlian itu ditemukan ketika rumah tersebut betul-betul dibersihkan dengan saksama," katanya.

Parker mengatakan, polisi sekarang sedang berusaha mencari pemilik sebenarnya, tapi tidak mau menjelaskan lebih lanjut apa saja yang ditemukan. Polisi menyebut yang ditemukan adalah sekitar enam butir berlian, tapi tidak mengatakan besarnya berlian tersebut, dan seberapa besar nilainya.

"Kami tidak akan menggambarkan berlian tersebut atau perincian lainnya, namun siapa yang meninggalkan berlian di rumah tersebut menurut saya pasti akan ingat," katanya.

"Kami sudah menghubungi toko perhiasan, dan dengan itu bisa menemukan pemiliknya, dan sejauh ini tidak berhasil. Ini adalah berlian berkualitas tinggi dan harganya cukup tinggi," katanya.

Pihak berwenang juga tidak tahu pasti apakah berlian tersebut dimiliki secara sah sehingga disimpan dengan benar ataukah ada kemungkinan dicuri dan disimpan di sana. "Ini bisa saja merupakan hasil tindak kejahatan, namun dengan keterangan yang ada menyertai temuan berlian tersebut, batu permata ini tidak dilaporkan sebagai barang hilang," tambah Parker.

Tukang bersih-bersih adalah teman penyewa

Selain menjelaskan berlian yang ditemujkan, Senior Constable Parker memuji tindakan orang yang menemukan berlian tersebut yang melaporkan kepada pihak berwajib. "Hal pertama yang dilakukan oleh penyewa itu adalah mengatakan 'berlian ini bukan milik saya.' Dan mereka kemudian ke kantor polisi untuk menyerahkannya."

"Dan ada kemungkinan besar penyewa ini akan menjadi pemiliknya, kalau kami tidak bisa menemukan pemilik aslinya," ujarnya.

Barang-barang hilang yang dilaporkan ke Kepolisian Queensland akan disimpan selama dua bulan sebelum diserahkan kepada mereka yang menemukan, bila tidak ada yang mengambil. Karena berlian ini mahal, polisi menambah tenggat waktu dalam usaha untuk menemukan pemilik sebenarnya.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/berita/menemukan-berlian-tersembunyi-di-rumah-sewaan/9489012
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA