Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Saturday, 5 Ramadhan 1442 / 17 April 2021

Relokasi Pengungsi Sinabung Masuk Tahap Ketiga

Jumat 23 Feb 2018 20:45 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Sejumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung ketika berada di lokasi pengungsian, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Sejumlah pengungsi erupsi Gunung Sinabung ketika berada di lokasi pengungsian, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Foto: Antara/Septianda Perdana/ca
Sekitar 3.376 jiwa akan diungsikan dalam tahap ini

REPUBLIKA.CO.ID,  KARO, SUMUT -- Proses relokasi bagi warga Kabupaten Karo yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung telah memasuki tahap ketiga yang terus dikoordinasikan. Sekitar 3.376 jiwa akan diungsikan dalam tahap ini.

Dalam pemberian bantuan bagi pengungsi di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, Karo, Jumat (23/2), Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan, relokasi tahap pertama sudah dilakukan pemerintah di kawasan Siosar, Kecamatan Merek.

Relokasi tahap kedua dilakukan secara mandiri terhadap 455 KK atau 1.506 jiwa di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat. Sedangkan relokasi tahap tiga sedang dikoordinasikan untuk 1.102 KK dengan pengungsi sebanyak 3.376 jiwa.

Pihaknya mengaku kagum dengan keberhasilan relokasi tahap kedua di Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat yang dilakukan secara mandiri. "Ini sebuah kemajuan yang sangat penting," katanya di hadapan Mensos Idrus Marham, Wagub Sumut Nurhajizah Marpaung, dan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap warga yang mengungsi, Kementerian Sosial telah memberikan bantuan jaminan hidup hingga Rp10,7 miliar sejak tahun 2014 hingga Februari 2018.

Menurut Dirjen, bantuan jaminan hidup tersebut merupakan tambahan lauk pauk usai tanggap darurat erupsi Gunung Sinabung.

Kemudian, Kementerian Sosial juga memberikan konseling dan penanganan trauma bagi warga, pengerahan relawan Tagana, serta menyiapkan dua unit alat transportasi untuk anak sekolah.

Mensos Idrus Marham mengatakan, pemerintah akan terus memperhatikan dan memberikan bantuan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung. "Itu untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir dalam setiap masalah yang dihadapi masyarakat," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA