Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Abu Sinabung Tutupi Pegunungan Aceh Tenggara

Rabu 21 Feb 2018 13:15 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Gunung Sinabung memuntahkan materi  vulkanik tampak dari Kutarakyat, Sumatera Utara.

Gunung Sinabung memuntahkan materi vulkanik tampak dari Kutarakyat, Sumatera Utara.

Foto: Endro Rusharyanto/AP
Kondisi diperparah embusan angin.

REPUBLIKA.CO.ID,  KUTACANE, ACEH TENGGARA -- Material terbawa abu vulkanis masih menutupi wilayah pegunungan yang terdapat di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh. Abu itu dari meletusnya Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, awal pekan ini.

"Kabut betul sini (Aceh Tenggara), hujan abu (vulkanik) sini. Informasinya, lebih parah lagi di sini, dibanding wilayah Aceh yang lain," terang Sumur Raden (37), warga Desa Perapat Sepakat, Babussalam, Kutacane, Rabu (21/2).

Ia mengatakan, kondisi tersebut diperparah dengan embusan angin berada di udara yang mengarah ke wilayah Aceh, terutama Aceh Tenggara dalam tiga hari terakhir ini.

Belum lagi daerah itu berbatasan dengan Kabupaten Karo, sehingga jarak yang begitu dekat dengan lokasi erupsi Gunung Sinabung hanya sekitar 150 kilometer.

Sementara matahari, lanjutnya, belum menampakkan dirinya menyinari wilayah pertanian ini dengan komoditas unggulan yakni tanaman jagung. "Macam (seperti) gelap di sini, bahkan lebih parah lagi Lhokseumawe. Cahaya matahari sampai hari ini, tidak tampak," terang dia.

Aldi (31), penduduk lain di Aceh Tenggara mengaku, warga setempat yang mayoritas berprofesi sebagai petani sudah mulai ke luar rumah untuk mengurus lahan pertaniannya.

"Mereka (petani), sudah mulai turun hari ini ke sawah. Ada yang masih kenakan masker, tapi lebih banyak yang tidak," tuturnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kemarin menyebut, material abu vulkanik Gunung Sinabung di Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, telah menutupi langit di Wilayah Aceh.

"Dari citra satelit jelas terlihat, pergerakan debu vulkanik menutupi Aceh secara merata," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang, Aceh, Zakaria.

Ia mengatakan, dampak dari erupsi Gunung Sinabung mulai terjadi sejak Senin, (19/2), dan terbawa angin yang mengarah ke wilayah Tenggara dan Barat-Selatan di provinsi paling ujung Utara di Sumatera ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA