Jumat 16 Feb 2018 10:23 WIB

UIN Ar Raniry Yudisium 99 Sarjana Ushuluddin dan Filsafat

Sebanyak 41 orang meraih nilai istimewa dan 58 orang lulus dengan nilai baik sekali.

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Ar Raniry, Banda Aceh, menggelar yudisium, Kamis (15/2).
Foto: Dok UIN Ar Raniry
Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) UIN Ar Raniry, Banda Aceh, menggelar yudisium, Kamis (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry  meyudisium 99 sarjana strata satu (S1) pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018. Acara tersebut  diadakan di Aula lantai III Gedung Rektorat UIN Ar-Raniry, Darussalam Banda Aceh, Kamis (15/2).

Dekan FUF Dr  Lukman Hakim  MAg berpesan kepada yudisia bahwa apa yang telah dicapai ini merupakan berkat doa orang tua yang disertai dengan kerja keras masing-masing. Selain itu,   juga di dalamnya termasuk peran para dosen dan civitas akademika.

Oleh karena itu, maka hal yang paling utama yang harus dilakukan adalah bersyukur kepada Allah SWT dan segera menyampaikan pesan gembira ini kepada orang tua masing-masing. Sebab,  semua yang didapatkan hari ini merupakan berkat doa dan tetesan peluh dari usahanya yang merindukan anaknya menjadi sarjana.

“Kami berkeyakinan bahwa para yudisia ini merupakan lulusan yang telah ditempa dengan disiplin keilmuan ushuluddin, siap dilepaskan ke lingkungan masyarakat untuk berbakti kepada agama dan bangsa, menyampaikan kebenaran dan ikut menindak kemunkaran,” ujar Dekan dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (16/2).

Lukman menambahkan, di kalangan masyarakat   terus saja bermunculan problematika seperti LGBT, aliran sesat dan kecenderuangan menyesatkan orang lain. “Lulusan Ushuluddin dan Filsafat diharapkan menjadi agen perubahan sosial terutama terhadap permasalahan yang terjadi saat ini,” ujarnya.

Lukman  menegaskan, lulusan FUF telah disiapkan dimana di dalamnya terhimpun dua kekuatan yang seimbang, yakni kecerdasan intelektual dan spiritual. “Pada  zaman sekarang,  mengandalkan kecerdasaan inteletual saja tidak menjamin seseorang lebih baik. Oleh karena itu diperlukan  kecerdasan intelektual yang diiringi dan dikawal kecerdasan spiritual,” tuturnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik FUF UIN Ar Arraniry, Maizuddin  MAg menyebutkan, jumlah yudisia pada semester ganjil 2017/2018 merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah FUF, yakni 99 orang.  “Ini juga menjadi angka yang menarik: dari 99 peserta tersebut terdiri dari 36 laki-laki dan 63 perempuan,” ungkapnya.

Maizuddin menambahkan, dilihat dari predikat yudisium, 41 orang meraih nilai istimewa dan 58 orang lulus dengan nilai baik sekali. Dari asal negara dapat dirinci sebagai  berikut:  dari dalam negeri 91 orang, Malaysia tujuh  orang dan satu  orang dari Turki.

“IPK tertinggi pada sementer ganjil ini mencapai 3,96, dari prodi Akidah dan Filsafat Islam. Kepada mereka yang memiliki IPK tertinggi dari masing-masing prodi berikan piagam penghargaan dan bingkisan,” ujarnya.

Dalam prosesi yudisium, lanjut Maizuddin, juga disampaikan orasi ilmiah oleh Samsul Bahri MAg, yang merupakan salah seorang dosen senior di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry.  Judul yang diangkat adalah Posisi Metodologi Tafsir dalam Studi Al-Quran Era Kekinian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement