Senin 05 Feb 2018 05:45 WIB
Asian Games 2018

Renovasi 10 GOR di Jakarta untuk Asian Games Selesai Maret

GOR-GOR ini akan digunakan sebagai tempat berlatih cabang olahraga basket dan voli.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono
Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta Ratiyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta memperkirakan sepuluh gelanggang olahraga (GOR) penopang Asian Games 2018 akan selesai pada Maret. GOR-GOR ini akan digunakan sebagai tempat berlatih tim-tim yang berlaga pada cabang olahraga bola basket dan voli.

"Jadi ada sepuluh gelanggang olahraga yang sudah direnovasi dan Insya Allah akhir Maret ini selesai," kata Kepala Dispora DKI Jakarta Ratiyono dalam perbincangan dengan Republika.co.id, pekan lalu.

Ia mengatakan pihak Dispora DKI mengawasi penuh perkembangan renovasi. Jika sudah selesai, ia mempersilakan seluruh pihak menggunakannya untuk event olahraga. Ini sekaligus untuk mencoba hasil renovasi yang telah dijalani.

"Yang direnovasi itu flooring (lantai), lighting, tribun, dan toilet. Gelanggang olahraga yang direnovasi ini nanti berstandar Asia untuk tempat berlatih cabang bola basket dan voli. Untuk lantainya diimpor dari luar agar memenuhi standar," kata dia.

Ratiyono mengungkapkan, Dispora DKI bekerja sesuai dengan standar yang diinginkan oleh Dewan Olimpiade Asia (OCA). Pihak Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) dan Technical Delegate cabang basket dan voli ikut mengontrol perkembangan renovasi hingga selesai.

Jika telah selesai, kesepuluh gelanggang olahraga ini bisa digunakan oleh masyarakat luas, khususnya warga Jakarta. Akan tetapi penggunaannya terbatas hingga selesai Asian Games. Setelah itu, kata Ratiyono, para penyewa yang sebelumnya menggunakan GOR-GOR ini secara rutin bisa kembali. "Sementara sabar, nanti diatur," ucapnya.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata dia, akan menyediakan GOR-GOR ini secara gratis bagi tim-tim peserta berlatih sepanjang penyelenggaraan Asian Games 2018. "Ini sudah dibicarakan dengan Pak Gubernur. Ini sumbangsih DKI untuk menyukseskan Asian Games 2018," kata dia.

Ia menambahkan, Dispora DKI juga tengah bekerja membangun venue BMX di Pulomas. Ia berharap venue ini juga akan selesai pada waktu yang sama.

10 GOR di Jakarta yang direnovasi untuk tempat berlatih Asian Games 2018:

Jakarta Selatan

1. Gelanggang Olahraga Ragunan (voli)

2. Gelanggang Olahraga Bulungan (basket)

3. Gelanggang Soemantri Brodjonegoro (basket)

Jakarta Timur

1. Gelanggang Olahraga Otista (voli)

2. Gelanggang Remaja Pulogadung (basket)

Jakarta Utara

1.Gelanggang Remaja Tanjung Priok (basket)

2. Gelanggang Remaja Jakarta Utara (voli)

Jakarta Pusat

1. Gelanggang Remaja Cempaka Putih

2. Gelanggang Remaja Jakarta Pusat 

Jakarta Barat

1. Gelanggang Remaja Jakarta Barat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement