Friday, 14 Muharram 1444 / 12 August 2022

HNW: Perkuat Pelajaran Sejarah untuk Generasi Milenial

Senin 05 Feb 2018 00:53 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Ilustrasi.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. Ilustrasi.

Foto: Dok MPR
'Generasi milineal seringkali tidak paham sejarah'

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) mengajak bangsa Indonesia untuk mempelajari sejarah dengan benar. Sebab, dengan memahami sejarah, masyarakat akan mengetahui asal muasal atau jati diri bangsa sesungguhnya.

Hal demikian disampaikan HNW saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar MPR di Kota Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Ahad (4/2). Ditegaskannya, sejarah perlu dipahami agar masyarakat mengetahui adanya relasi antara Umat Islam dengan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Diungkapkan, para tokoh Islam berjuang dan mendukung berdirinya Indonesia, serta menyelamatkan NKRI. "Mereka luar biasa perannya dalam menyelamatkan Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," paparnya.

Ia pun berharap masyarakat agar tidak ahistoris dan mengutip tidak sesuai fakta sejarah. Untuk itu dirinya menganjurkan, pelajaran sejarah, karakter bangsa, dan Pendidikan Moral Pancasila perlu diperkuat bagi generasi muda. "Generasi milineal seringkali tidak paham sejarah," katanya.

Ia berharap itu bisa menjadi salah stau upaya agar generasi muda memahami jati diri bangsa Indonesia sesungguhnya.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA