Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Saturday, 11 Safar 1443 / 18 September 2021

Kontroversi Barcelona, 2 Tahun 'Kebal' Hukuman Penalti

Senin 29 Jan 2018 08:15 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah

Bek Barcelona Samuel Umtiti (kiri).

Bek Barcelona Samuel Umtiti (kiri).

Foto: EPA-EFE/ALBERTO ESTEVEZ
Alaves berpeluang terhindar dari kekalahan 1-2 andai mendapatkan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Kemenangan Barcelona atas Alaves pada laga pekan ke-21 La Liga, Senin (29/1) dini hari WIB, meninggalkan kontroversi. Pada laga di Camp Nou tersebut, Alaves berpeluang terhindar dari kekalahan 1-2 andai wasit Iglesias Villanueva jeli dalam bertugas.

Pada menit ke-89, bola menyentuh tangan bek Barca Sergio Umtiti di kotak terlarang. Namun, Villanueva tidak memberikan penalti. Andai tak ada tangan Umtiti, bola bisa melaju deras ke gawang Barca.

Akibatnya, para pemain Alaves pun memberondong Villanueva dengan protes. Meski demikian, sang wasit bergeming sehingga Barca pun sukses meraih kemenangan ke-18 musim ini.

Kejadian tersebut seolah menegaskan status Barcelona sebagai tim yang tak tersentuh hukuman penalti di La Liga Spanyol. Dikutip dari Marca, Barcelona diketahui sudah dua tahun tak pernah terkena hukuman penalti.

Dalam 74 pertandingan terakhir, wasit yang memimpin pertandingan Barcelona lebih memilih lahirnya kontroversi ketimbang memberikan penalti kepada Lionel Messi dkk. Selama hampir dua tahun tersebut, ada 219 tendangan penalti yang terjadi pada ajang La Liga.

Namun, satu pun tak ada yang didapat oleh lawan Barcelona. Justru dalam rentang waktu yang sama, Blaugrana sudah menikmati 32 hadiah penalti pemberian wasit.

Terakhir kali Barcelona dihukum penalti saat melawan Celta Vigo pada 14 Februari 2016. Kala itu, Barca menang dengan skor 6-1.

Walau timnya dituding 'kebal' hukuman penalti, striker Barca Luis Suarez menyebut semua yang terjadi merupakan tanggung jawab wasit. Suarez mengatakan, ada saat-saat Barca layak mendapat penalti, tapi tak jarang pula timnya dirugikan.

"Saya tahu ada situasi sulit ketika bola menyentuh tangan Umtiti. Namun wasit sudah membuat keputusan. Pada babak pertama, kami juga harusnya mendapatkan penati kok," kata Suarez dikutip dari Marca.

Pemain asal Uruguay ini mengaku tak mau memikirkan hal-hal lain di luar permainan. Menurut Suarez, terpenting saat ini Barca semakin nyaman di puncak klasemen.

"Saya bahagia dengan penampilan kamj secara tim maupun individu. Target kami pun tercapai pada laga tadi," kata Suarez.

Barca semakin kokoh di puncak klasemen dengan 57 angka dari 21 laga. Blaugrana unggul 11 angka dari Atletico Madrid yang duduk di peringkat kedua.

Lihat video handball Umtiti: (sumber: Youtube)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA