Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Thursday, 16 Safar 1443 / 23 September 2021

Republika Raih Penghargaan HPN 2018

Pemred Republika: Pengakuan Ini Sangat Berarti

Jumat 26 Jan 2018 19:58 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agus Yulianto

Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaedi

Pemimpin Redaksi Harian Republika Irfan Junaedi

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Situs diresmikan pada tanggal 17 Agustus tahun 1995 oleh Presiden Soeharto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 yang akan diadakan di Padang nanti, Republika meraih satu penghargaan. Republika memenangkan kategori sebagai media pertama yang memelopori berita online di Indonesia.

"Untuk Hari Pers, kita mendapat award untuk media yang mengawali website berita. Itu memang pengakuan yang sangat berarti karena kita punya website sudah dan memang sudah mulai coba di maintain dengan lebih maksimal," ujar Irfan Junaidi selaku Pemimpin Redaksi Republika saat dihubungi pada Jumat (26/1).

(Baca Juga: Republika Raih Anugerah Pelopor Media Online)

Irfan mengatakan, dengan penghargaan diharapkan bisa menjadikan teman-teman di Republika khususnya yang mengurusi situs beritanya lebih giat lagi untuk menunjukkan kepeloporannya. Bahwa Republika yang pertama berarti harus memberikan yang berbeda dibandingkan media yang lain.

Membangun situs Republika.co.id memang tidak semudah yang dilihat. Ada banyak keterbatasan di dalamnya. Irfan bercerita, pada saat pertama kali diluncurkan tidak lantas membuat situs tersebut terkelola dengan baik.

"Jadi, pada saat diluncurkan itu tidak lantas di urus dengan baik. Sehingga kemudian muncul website-nya, tapi isinya semata-mata hanya memindahkan konten koran ke dalam internet," ujarnya

Waktu itu, dikatakan tidak ada pemikiran untuk bisa memperbarui situs tersebut hingga menjadi sebuah media alternatif selain media konvensional waktu itu. Infrastruktur internet pada masa itu juga belum begitu bagus dan menjadi kendala lainnya.

Situs yang diresmikan pada 17 Agustus tahun 1995 oleh Presiden Soeharto saat itu tidak dianggap sebagai sesuatu yang bisa dibesarkan secara maksimal. Hal ini hanya dianggap sebagai bahan pelengkap saja.

Pemimpin Redaksi Republika itu juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada dewan pers juga panitia yang sudah me-review Republika dan kemudian akhirnya menemukan Republika adalah pelopor website berita.

Tidak lupa dirinya juga berterima kasih kepada para pendahulu di Republika yang sudah mempunyai ide brilian dan mencetuskan gagasan situs berita ini. Ke depannya, dia berharap, ide-ide brilian seperti ini agar terus dipelihara supaya terus bermunculan di kemudian hari.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA