Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Satelit Pertama Dunia Mampu Tangkap Video dari Orbit

Senin 22 Jan 2018 06:59 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

Satelit

Satelit

Foto: blogspot
Satelit video 'Big Brother', dapat menangkap video individu dari orbit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah satelit Inggris bisa menyediakan warna penuh, video definisi tinggi planet bumi dari luar angkasa. Bahkan mengambil benda sekecil 26 inci (65 cm) di atas tanah.

Satelit video 'Big Brother', yang saat ini masih merupakan prototipe dapat menangkap video individu dari orbit dalam definisi tinggi. Itu adalah satu dari 31 muatan yang dikirim di Indian Polar Satellite Launch Vehicle (PSLV) membawa puluhan satelit dari India dan enam negara lainnya.

Dalam beberapa jam, para pengendali telah melakukan kontak pertama mereka dengan satelit Inggris. Pesawat ruang angkasa Inggris adalah model pra-produksi dan jika kinerjanya baik, perusahaan berbasis Earth-i akan membuat batch lima lagi.

Konstelasi yang akan datang, dikenal sebagai Vivid-i menjadi yang pertama memberi warna penuh, definisi tinggi dari luar angkasa, tulis BBC. Ini akan mengorbit di ketinggian 314 mil (505km) dan bisa mengarah ke lokasi tertentu, memotret dan membuat film berdurasi dua menit.

"Kami bisa mengumpulkan hingga 50 frame per detik yang banyak informasi. Itu memungkinkan kami menumpuk gambar individual dan meningkatkan resolusi efektif kami, mencapai sekitar 65cm (26 inci) sampai 75cm (30 inci)," kata CEO Earth-i Richard Blain mengatakan kepada BBC, yang dilansir dari laman Daily Mail.

Ini juga bisa memantau arus lalu lintas perkotaan, dan membuat peta untuk memberikan informasi untuk upaya bantuan menyusul bencana alam. Setelah batch awal lima dikirim pada akhir 2019, Earth-i berencana untuk memasang lima pesawat ruang angkasa setiap tahunnya.

"Hari ini merupakan tonggak sejarah penting bagi Earth-i dan industri antariksa global," kata Blain.

"Kami sekarang meneliti dan menguji teknologi dan layanan data untuk Vivid-i Constellation dan video citra dari prototipe ini, menunjukkan kepada pelanggan kami apa yang akan mungkin terjadi di masa depan dari kemampuan baru seperti video berwarna dari luar angkasa," lanjutnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA