Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Thursday, 16 Syawwal 1445 / 25 April 2024

Ketua MPR RI: Tiga Kesenjangan Masih Terjadi di Indonesia

Jumat 19 Jan 2018 12:45 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Teguh Firmansyah

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Foto: MPR RI
Dalam sebulan ada enam kepala daerah ditangkap KPK.

REPUBLIKA.CO.ID,   KUNINGAN -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Zulkifli Hasan mengatakan di Indonesia masih terjadi kesenjangan di tengah-tengah masyarakat. Ia menyebut ada tiga kesenjangan yang terjadi saat ini.

"Yang pertama adalah kesenjangan ekonomi. Kemarin kita lihat berita ada orang meninggal karena ditolak di rumah sakit. Ada juga yang meninggal karena tak mampu membeli sembako," kata Zulkifli yang juga Ketua Umum PAN di depan ratusan kader PAN di Kabupaten Kuningan, Jumat (19/1).

Kesenjangan kedua, lanjut dia, adalah kesenjangan antara masyarakat yang kaya dan yang miskin. "Sebagian besar dari sumber daya kita dikuasai penguasa melalui konsensi. Lalu rakyat dapat apa?," tanyanya. 

Kesenjangan ketiga, menurut dia, adalah kesenjangan politik. Masyarakat sudah tak lagi percaya kepada partai politik karena korupsi. "Dalam sebulan ada enam kepala daerah yang ditangkap KPK, padahal masyarakat ini percaya pada mereka," ujarnya.

Hal itu semua, menjadi tamparan bagi para wakil rakyat dan juga kepala daerah di wilayah masing-masing. Menurutnya, wakil rakyat masih harus mengemban banyak tugas untuk mewujudkan demokrasi Pancasila. "Tuntaskan cita-cita reformasi yang digaungkan sejak 20 tahun yang lalu, untuk mewujudkan demokrasi Pancasila sesuai dengan sila-sila yang tertera," katanya.

 

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler