Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Baru Satu NOC Pastikan Ikut Test Event Basket

Kamis 18 Jan 2018 09:39 WIB

Red: Ratna Puspita

Renovasi Istora Senayan, Jakarta, yang akan menjadi arena bulu tangkis dan bola basket pada Asian Games 2018.

Renovasi Istora Senayan, Jakarta, yang akan menjadi arena bulu tangkis dan bola basket pada Asian Games 2018.

Foto: ANTARA/Wahyu Putro A

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Manajer arena cabang olahraga bola basket Asian Games 2018 Riska Natalia Dewi menyebut baru satu negara yaitu Thailand yang memastikan diri berpartisipasi dalam turnamen uji coba atau test event Asian Games 2018 di awal Feruari 2018. Perempuan yang akrab disapa Baby itu menyebut pihaknya kini masih mengusahakan dua negara lain yaitu India dan Laos agar bisa mengikuti jejak Thailand agar test event bola basket bisa diikuti oleh empat negara termasuk Indonesia.

"Sebenarnya federasi bola basket India dan Laos sudah mengonfirmasi bahwa mereka ikut test event ke federasi bola basket Indonesia, dalam hal ini Perbasi. Namun kedua negara tersebut belum mendaftar melalui komite olimpiade atau NOC masing-masing negara yang menjadi syarat test event Asian Games 2018," ujar Riska di Jakarta, Rabu (17/1). 

Untuk itu, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) terus berkomunikasi dengan India dan Laos agar segera melakukan pendaftaran melalui NOC mereka ke NOC Indonesia yakni Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Hal tersebut dilakukan karena Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menegaskan test event untuk olahraga permainan seperti bola basket minimal harus diikuti empat negara termasuk Indonesia.

"Pendaftaran melalui NOC inilah yang masih kami tunggu. KOI sendiri sudah membantu kami berkomunikasi dengan NOC di India dan Laos, untuk menjelaskan bahwa timnas bola basket mereka sudah setuju bermain di test event, tinggal mendaftarkan saja," tutur Riska.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Manajer klub Satria Muda Pertamina ini melanjutkan, sampai saat ini belum memiliki alternatif rencana jika seandainya India dan Laos tidak memberikan kepastian dalam waktu satu minggu ke depan. Satu minggu merupakan batas waktu yang diberikan INASGOC bagi tim bola basket untuk memberikan daftar peserta test event.

Terkait test event bola basket, Riska mengungkapkan, kompetisi akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada 8-14 Februari 2018. Untuk kegiatan ini, pihak Perbasi termasuk penyelenggara kompetisi sebelumnya mengundang sebanyak 10 negara tetapi hanya Thailand, India dan Laos yang memberikan tanggapan.

Test event Asian Games 2018 diadakan dalam rentang waktu 10-24 Februari 2018 dan mempertandingkan sembilan cabang olahraga yaitu panahan, atletik, angkat besi, bola basket, tinju, sepak bola, pencak silat, taekwondo dan bola voli indoor. Namun dari kesembilan cabang olahraga tersebut hanya sepak bola, bola basket dan bola voli indoor yang belum bisa memberikan kepastian peserta kepada Inasgoc. 

 

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA