Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Djokovic Diisukan Perjuangkan Kenaikan Hadiah Australia Open

Senin 15 Jan 2018 15:28 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Endro Yuwanto

Novak Djokovic

Novak Djokovic

Foto: EPA/Mast Irham

REPUBLIKA.CO.ID,  MELBOURNE -- Novak Djokovic menolak berkomentar menjelang laga perdananya melawan petenis asal Amerika Serikat (AS), Donald Young, pada turnamen Grand Slam Australia Open, Selasa (16/1) siang. Djokovic menyelesaikan sesi latihannya sehari sebelum pertandingan.

"Tidak, tidak ada komentar, saya minta maaf," kata Djokovic kepada Fairfax Media seperti dilansir Sunday Morning Herald, Senin (15/1).

Selain enggan memberikan komentar, petenis asal Serbia itu kencang diisukan tengah memperjuangkan kenaikan hadiah turnamen tersebut. Juara enam kali Australia Open itu juga disebut telah menyampaikan aspirasinya kepada sejumlah pejabat. Pada pidatonya pekan lalu, petenis berusia 30 tahun tersebut dianggap menyiratkan permintaannya.

Tetapi rekannya, seorang petenis Australia Matt Ebden mengklaim bahwa pidato Djokovic sebetulnya bukan menyebutkan masalah hadiah uang. Djokovic juga diakuinya telah berbicara kepada rekan-rekan petenis, tetapi bukan soal uang.

"Itu bukan tentang hadiah uang sejauh yang saya tahu. Pertama, itu bukan berita umum, tapi kedua bukan tentang hadiah uang," kata Ebden dalam konferensi media.

Djokovic dilaporkan terus mengajukan permohonan sekaligus mendorong rekan-rekannya terkait gaji turnamen yang lebih baik. Media Daily Mail juga mengklaim petenis yang baru pulih dari cedera sejak Juli 2017 itu meminta para pemain untuk membentuk serikat sehingga isu-isu seperti kenaikan hadiah bisa diperdebatkan.

Seruan Djokovic datang beberapa jam setelah direktur turnamen Craig Tiley mengungkapkan rencana untuk meningkatkan hadiah Australia Open menjadi 100 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,3 triliuan. Turnamen ini telah meningkatkan hadiah utamanya sebesar 10 persen sejak tahun lalu menjadi sebesar 55 juta dolar AS. Djokovic diyakini telah meraup hampir 110 juta dolar sejauh ini dalam kariernya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA