Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Gempa Peru Tewaskan Dua Orang

Senin 15 Jan 2018 07:38 WIB

Red: Indira Rezkisari

Bangunan rusak di kawasan Chala akibat gempa yang mengguncang Peru, Ahad (14/1).

Bangunan rusak di kawasan Chala akibat gempa yang mengguncang Peru, Ahad (14/1).

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, LIMA -- Gempa bumi dengan kekuatan 7,3 pada Skala Richter mengguncang Peru pada Ahad pagi (14/1) telah menewaskan dua orang. Sementara menteri kesehatan negeri itu mengatakan 17 orang hilang, setelah satu tambang ambruk akibat gempa.

Gempa tersebut mengguncang wilayah lepas pantai pada pukul 04.19 waktu setempat (16.18 GMT) dengan kedalaman sekitar 36 kilometer, kata US Geological Survey. Lembaga Pertahanan Sipil di Peru mengatakan di Twitter bahwa 65 orang cedera. Satu tambang gelap di sebelah timur Kota Pantai Chala ambruk akibat gempa, demikian laporan Xinhua. Setelah itu, 17 orang hilang, kata menteri kesehatan Peru.

Beberapa rumah terpengaruh dan jumlah korban tewas serta cedera diduga akan bertambah, kata Jorge Chavez, Kepala Lembaga Pertahanan Sipil di Peru. Sebagai produsen nomor dua di dunia, kebanyakan tambang di Peru berada di pedalaman selatan jauh dari wilayah pantai, tempat gempa biasa terjadi.

Gempa bumi Ahad juga dirasakan di negara tetangga di sebelah selatan Peru, Chile. Kantor Darurat Nasional Chile mengatakan tak ada laporan mengenai korban cedera, kerusakan prasarana, atau gangguan layanan dasar.


sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA