Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Wednesday, 15 Safar 1443 / 22 September 2021

Akhir Buruk Bintang Youtube yang Tertawakan Penemuan Mayat

Kamis 11 Jan 2018 12:30 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Indira Rezkisari

Bintang Youtube Logan Paul.

Bintang Youtube Logan Paul.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sebelumnya menghadapi reaksi keras akibat memilih untuk diam dan tidak berkomentar atas kontroversi yang dilakukan oleh Logan Paul dengan video Hutan Aokigaharanya, Youtube akhirnya membuka suara. Perusahaan tersebut telah membatasi kemampuan bintang sosial media tersebut untuk mendapatkan uang dari platformnya.

Dilansir dari Engadget, Youtube telah membatalkan kesepakatan iklan Google Preferred yang menguntungkan antar perusahaannya dengan Paul. Program Google Preferred sendiri menyetujui suatu merek untuk mempublikasikan iklannya dalam video yang termasuk dalam lima persen pembuat konten teratas di Youtube. Jadi untuk saat ini Paul tidak bisa lagi menghasilkan uang per klik dari videonya seperti dahulu.

Selain itu Youtube juga telah menahan proyek orisinil Paul yang bebas layanan iklan termasuk sekuel film sci-fi dystopian The Thinning. Proyek tersebut seharusnya diluncurkan di Youtube Red akhir tahun ini namun saat ini masih belum jelas apakah hal tersebut akan berlanjut.

Nasib karakternya dalam komedi Red Foursome juga masih belum jelas. Youtube sendiri memilih untuk tidak menggunakannya lagi di musim penayangan keempat.

Paul sebelumnya dikritik karena mengunggah video saat dirinya dan teman-temannya tertawa serta bercanda saat menemukan mayat di dalam hutan Jepang. Aokigahara yang terletak di dekat Gunung Fuji memang dikenal sebagai tempat bunuh diri paling terkenal di dunia.

Kritik diberikan padanya karena tidak menghormati korban bunuh diri dan mengklaim bahwa videonya dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mental.



BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA