Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Petugas Dinsos Amankan Lansia Terlantar di Lebak Bulus

Sabtu 06 Jan 2018 02:02 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah

Orang lanjut usia (ilustrasi)

Orang lanjut usia (ilustrasi)

Foto: pexels

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta -- Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan menyelamatkan orang lanjut usia (lansia) telantar di sebuah masjid daerah Lebak Bulus. Lansia sakit tersebut sempat meresahkan warga karena sering berbicara sendiri dan berhalusinasi.

"Petugas menindaklanjuti laporan adanya lansia sakit dari Pak Jamal pengurus Yayasan Yusholi di Masjid Darunnikmah," ujar Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Mursidin dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, pada Jumat (5/1).

Mursidin mengatakan, jamaah masjid sebenarnya tidak keberatan akan kehadiran lansia bernama Nano (63) tersebut. Namun Nano tidak mau menjaga kebersihan dan masyarakat merasa terganggu.

Selain itu, Nano tidak pernah mengikuti aktivitas keagamaan di masjid. Padahal masjid adalah tempat ibadah umat Islam. Warga berharap Nano bisa turut ikut beribadah di masjid. "Pak Nano juga sering ngomong sendiri kaya ada temen ngobrol sedangkan dia sendirian. Seperti ada semacam halusinasi," tambah Mursidin.

Nano saat ini dirujuk ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur. Di panti itu, ia akan mendapatkan pelayanan yang memadai. "Kalau ada keluarganya yang mau menjemput dipersilakan untuk mengurusnya di panti," kata Mursidin.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA