Rabu 03 Jan 2018 18:03 WIB

Ikhsan Rumbay Termotivasi Dipanggil ke Pelatnas

Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay
Foto: Istimewa
Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay semringah mendapatkan panggilan bergabung ke Pelatnas Cipayung. Pebulu tangkis asal Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan ini tercatat sebagai penghuni Pelatnas Cipayung pada tahun 2018 melalui SK (Surat Keputusan) dengan nomor SKEP/070/0.3/XII/2017 tentang Promosi Atlet Bulu Tangkis Untuk Masuk Pelatnas PBSI Tahun 2018, kategori Pratama.

"Saya sangat senang bergabung ke Pelatnas. Di sana kan banyak pebulu tangkis bagus, jadi termotivasi untuk bisa tampil lebih baik dan meningkatkan kemampuan," kata dia, di Jakarta, Rabu (3/1). 

Sebelumnya, pebulu tangkis yang akrab disapa Ikhsan itu menjadi satu-satunya atlet bulu tangkis U-19 Indonesia yang masuk peringkat 10 besar BWF Junior untuk nomor tunggal putra. 

Tak hanya di sektor tunggal putra, Ikhsan pun pernah tampil pada beberapa pertandingan ganda campuran berpasangan dengan Yasnita Enggira Setiawan. Remaja yang belum genap berusia 18 tahun itu dikenal oleh rekan-rekannya sesama penghuni SKO Ragunan sebagai pebulu tangkis muda yang gigih dan disiplin dalam berlatih untuk mengejar prestasi.

Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengapresiasi pencapaian Ikhsan. Ia bangga SKO yang berada di bawah Deputi III kembali menghasilkan atlet potensial. "Saya berharap semoga Ikhsan semakin bagus setelah bergabung ke Pelatnas Cipayung," kata dia.

SKO Ragunan punya rekam jejak melahirkan juara dunia bulu tangkis pada masa lalu. Sebut saja Icuk Sugiarto dan Lius Pongoh yang menjadi juara andalan Indonesia.

Bukan hal yang mustahil, Ikhsan yang tercatat sebagai siswa SKO Ragunan sejak 24 Juli 2015 itu akan mengikuti jejak para seniornya untuk menjadi juara di pentas internasional mengharumkan nama bangsa dan negara Indonesia. 

Catatan Prestasi Ikhsan Leonardo Emanuel Rumbay

- Djarum Sirnas Yogyakarta 2015, Peringkat 3 Tunggal Putra U-17

- Djarum Sirnas NTB 2015, Juara Tunggal Putra U-17

- OUE Singapore International Youth 2015, Peringkat 3 Tunggal Putra U-17

- APACS Junior Masters 2015, Peringkat 2 Tunggal Putra U-17

- Djarum Sirnas Banjarmasin 2016, Juara Tunggal Putra U-17

- Djarum Sirnas Makassar 2016, Peringkat 3 Tunggal Putra U-19

- USM Semarang 2016, Peringkat 3 Tunggal Putra U-19

- Djarum Sirnas Premier Jakarta 2016, 8 Besar Tunggal Putra U-19

- Asean School Games 2016, Peringkat 2 Beregu Putra

- Djarum Sirnas Jawa Tengah, Juara Tunggal Taruna U-19

- Djarum Sirnas Premier Jawa Timur, Juara Tunggal Taruna U-19

- Kejuaraan Nasional Pertamina Open 2016, Juara Tunggal Taruna Putra U-19

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement