Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Denso Investasi Ratusan Juta Dolar AS untuk Teknologi Baru

Rabu 27 Dec 2017 09:15 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nur Aini

TV digital. Ilustrasi

TV digital. Ilustrasi

Foto: Ubergizmo

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO -- Produsen suku cadang mobil asal Jepang, Denso mempertimbangkan investasi sebesar 440 juta dolar AS untuk membuat panel penguat cahaya organik (OLED) di JOLED Inc. Diketahui JOLED Inc merupakan perusahaan afiliasi dari Japan Display Inc yang menjual rangkaian perdana layar OLED pada bulan ini.

Hal tersebut menjadikan JOLED Inc sebagai perusahaan pertama di dunia yang membuat OLED dengan menggunakan biaya yang efisien, tetapi memiliki kualitas baik. Dilansir Reuters, Rabu (27/12), Sony Corp dan Panasonic Corp diperkirakan akan berinvestasi antara 5 miliar yen sampai 10 miliar yen di JOLED Inc.

Selain itu, Sumitomo Chemical Co dan Screen Holdings Co juga sedang mempertimbangkan investasi yang sama. Keempat perusahaan ini sama-sama melihat peluang investasi antara 20 miliar yen sampai 40 miliar yen di JOLED Inc.

Seorang perwakilan JOLED Inc mengatakan, perusahaan tersebut sedang melakukan pembicaraan terkait rencana investasi dari sejumlah perusahaan. Sementara juru bicara Denso menyatakan, perusahaannya belum secara resmi mengumumkan rencana investasi itu. Sedangkan juru bicara Screen Holdings, Panasonic dan Sumitomo Chemical menolak berkomentar.

Layar OLED mulai populer karena umumnya lebih tipis, fleksibel dan menawarkan tampilan warna yang lebih kaya ketimbang liquid crystal display (LCD). JOLED Inc berdiri pada 2015 dengan menggabungkan divisi OLED dari Sony dan Panasonic. JOLED Inc 75 persen dimiliki oleh pemerintah dan 15 persen dipegang oleh Japan Display. Sementara Sony dan Panasonic masing-masing memiliki saham lima persen.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA