Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Thursday, 1 Syawwal 1442 / 13 May 2021

Malam Tahun Baru Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor

Rabu 20 Dec 2017 16:26 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Andi Nur Aminah

Kawasan Malioboro di Yogyakarta.

Kawasan Malioboro di Yogyakarta.

Foto: Republika/Wahyu Suryana

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Kesatuan Binmas Polda DIY, Kompol Asep Suherman mengatakan, akan ada buka/tutup lalu lintas yang diterapkan pada malam pergantian tahun di Malioboro. Rekayasa itu akan dimulai sejak 31 Desember 2017 sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kemudian, ditutup penuh mulai pukul 19.00 WIB untuk memulai car free night hingga lepas tengah malam," kata Asep saat ditemui di DPRD DIY, Rabu (20/12).

Untuk itu, ia meminta masyarakat memperhatikan betul-betul rekayasa lalu lintas yang akan diterapkan menjelang pergantian tahun. Terutama, Asep mengatakan, kantong-kantong parkir yang digunakan saat hendak mendatangi satu tempat.

Selain itu, untuk pengamanan Polda DIY akan memaksimalkan pos-pos pemantau, termasuk CCTV yang tersebar di jalan-jalan sekitaran DIY. Asep berharap, kehadiran CCTV itu membantu sistem memantau lalu lintas malam tahun baru. "Melalui CCTV itu akan disampaikan kepada petugas lapangan yang akan mengurai kepadatan," ujar Asep.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanto mengatakan, setidaknya ada tiga panggung utama yang akan diberikan pada malam tahun baru di sepanjang Malioboro. Mulai campur sari, bintang pantura, wayang kulit sampai pentas musik rock ada.

"Depan Hotel Garuda seni tradisi campur sari dan bintang pantura, wayang kulit seberang DPRD, dan depan komplek Kepatihan ada harmoni musik kawula muda yang akan menampilkan musik rock dan Koesploesan," ujar Aris.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA