Selasa 19 Dec 2017 17:22 WIB

Jokowi Ingin UGM Beri Contoh Ubah Dunia Pendidikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Dies Natalis UGM, Selasa (19/12).
Foto: dok. Biro Pers Istana Negara
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Dies Natalis UGM, Selasa (19/12).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Presiden Joko Widodo menginginkan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi perguruan tinggi yang mampu memberikan contoh dalam melakukan perubahan besar dan radikal dalam dunia pendidikan.

"Saya sungguh berharap agar UGM bisa menjadi contoh untuk tidak terjebak pada rutinitas, UGM juga bisa menjadi contoh untuk perubahan besar, perubahan radikal dalam pendidikan tinggi kita yang menjawab tantangan Iptek dan perubahan zaman," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan kuliah umum dalam rangka dies natalis ke-68 UGM di Yogyakarta, Selasa.

Presiden ingin agar cara kerja perguruan tinggi semakin inovatif dan kreatif. Meskipun ia memahami beratnya mengubah agenda pendidikan namun kurikulum pendidikan tinggi menurut dia sudah saatnya dibenahi untuk disesuaikan dengan teknologi baru dan budaya para milenials.

"Saya paham agenda perubahan selalu tidak ringan tantangannya tidak ringan tapi saya yakin UGM pasti bisa. Saya bangga dengan perjuangan UGM, saya bangga dengan sikap kerakyatan UGM, saya bangga dengan jiwa ke-Indonesiaan UGM, saya bangga almamater saya UGM," katanya.

Oleh karena itulah ia sangat berharap UGM dapat menjadi contoh bagi lahirnya inovasi-inovasi baru di Indonesia hingga memenangkan kompetisi baik di Indonesia maupun di arena global. Presiden menginginkan agar UGM menjadi bagian ekosistem nasional dalam membangun keadilan bagi seluruh rakyat.

"Selamat ulang tahun ke-68 Universitas Gadjah Mada. Dirgahayu untuk kemajuan negeri tercinta," ujarnya.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Hadir pula, Menteri Sekretaris Negara yang juga menjabat sebagai Ketua Mejelis Wali Amanat UGM Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Lemhannas Agus Widjojo, dan Sekjen Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) Ari Dwipayana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement