Friday, 12 Rajab 1444 / 03 February 2023

Jokowi Motivasi Rakyat Donor Darah untuk Keselamatan Manusia

Ahad 17 Dec 2017 15:41 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Endro Yuwanto

 Presiden RI Jokowi memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah mendonorkan darah hingga 100 kali di Istana Kepresidenan, Bogor, Ahad (17/12).

Presiden RI Jokowi memberikan penghargaan kepada masyarakat yang telah mendonorkan darah hingga 100 kali di Istana Kepresidenan, Bogor, Ahad (17/12).

Foto: Biro Pers Istana

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Presiden RI Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada para pendonor darah yang secara sukarela sudah menyumbangkan darahnya lebih dari 100 kali.

Apresiasi tersebut disampaikan kepala negara dengan memberikan Anugerah Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial, pada Ahad (17/12) di Istana Kepresidenan Bogor, Ahad (17/12).

"Sungguh bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian pantas disebut sebagai pahlawan kemanusiaan. Sebab untuk seorang pendonor darah bisa menyumbangkan darahnya sampai 100 kali berarti sudah melakukannya selama minimal 25 tahun," ujar Jokowi yang hadir bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ahad.

Jokowi berharap penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi bagi masyarakat lainnya untuk terus konsisten dalam melakukan donor darah guna menyelamatkan nyawa manusia.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan bahwa ketersediaan kantong-kantong darah dan bantuan kemanusiaan sangat penting di saat saudara sebangsa se-Tanah Air sedang menghadapi bencana. Apalagi Indonesia juga berada di lingkaran api pasifik atau ring of fire yang rawan bencana.

"Kita harus semakin siap untuk menghadapi segala kemungkinan, semakin siap menyelamatkan sebanyak mungkin nyawa manusia dalam kondisi bencana," tutur Presiden.

Jokowi pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para anggota Palang Merah Indonesia (PMI) yang terus menerus hadir di setiap wilayah yang membutuhkan bantuan, baik dalam kondisi bencana maupun saat ada rakyat Indonesia yag membutuhkan kantong darah untuk diselamatkan.

Jokowi meminta agar PMI terus menyebarkan nilai-nilai kemanusiaan dan melanjutkan keberhasilan program donor darah di seluruh pelosok Tanah Air sehingga menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kepribadian setiap rakyat Indonesia. "Terus ingatkan orang bahwa setetes darah menyelamatkan nyawa seorang manusia," ucap dia.

Hadir pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum PMI dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Ketua Harian PMI Ginandjar Kartasasmita serta para pengurus PMI.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA