Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Tuesday, 5 Zulqaidah 1442 / 15 June 2021

Pertamina Patra Niaga Berdayakan Ekonomi Perempuan

Jumat 15 Dec 2017 14:59 WIB

Rep: Rakhmat Hadi Sucipto / Red: Hiru Muhammad

Mobil tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) berjajar rapi di Terminal BBM Jakarta, beberapa waktu lalu.

Mobil tangki pengangkut bahan bakar minyak (BBM) berjajar rapi di Terminal BBM Jakarta, beberapa waktu lalu.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -– PT Pertamina Patra Niaga (PT PPN) menggelar program pemberdayaan ekonomi perempuan. Mereka adalah para istri dari para awak mobil tangki (AMT). “Kegiatan ini kami selenggarakan khusus untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga awak mobil tangki,” ungkap Direktur Operasi PT Pertamina Patra Niaga Abdul Cholid di Jakarta, Kamis (14/12).

Kegiatan kali ini, menurut Cholid, digelar di Terminal BBM Surabaya Group. Ini merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Melalui kegiatan ini, perusahaan berusaha memberikan pelatihan wirausaha yang diikuti oleh 25 orang istri AMT.

Cholid yakin kegiatan seperti ini akan memberikan manfaat yang besar. Terutama bagi keluarga AMT. Dia optimistis kegiatan ini bisa berdampak positif meningkatkan kesejahteraan keluarga AMT yang merupakan mitra dari Pertamina Patra Niaga. “Dampak lainnya, diharapkan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” kata Cholid.

Pada program CSR ini, jelas Cholid, peserta diajarkan olah keterampilan pembuatan makanan ringan dan pembuatan kalung sulam. "Terminal BBM Surabaya Group menjadi salah satu lokasi kick off program untuk pemberdayaan ekonomi melalui pelatihan wirausaha perempuan yang akan segera diikuti oleh TBBM lainnya yang dikelola oleh Pertamina Patra Niaga di berbagai daerah," kata Cholid.

Cholid menyatakan, untuk mendorong pertumbuhan wirausaha di Indonesia, Pertamina Patra Niaga berkomitmen mewujudkan wirausaha baru di 23 lokasi Terminal BBM yang dikelola melalui bantuan pelatihan dan pembinaan. Selanjutnya, perusahaan juga sedang merancang kurikulum kewirausahaan yang berorientasi menciptakan entrepreneur yang inovatif dan kreatif. 

Selain pelatihan wirausaha, Pertamina Patra Niaga juga terus mengembangkan program lainnya selama triwulan keempat 2017, antara lain perawatan kesehatan gigi gratis berkala dan pemberian beasiswa pendidikan bagi putra-putri dari AMT yang berprestasi. Program ini akan terus dilanjutkan pada tahun mendatang. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA