Advertisement

Menko PMK Bagikan Puluhan Unit Komputer untuk Sekolah

Selasa 12 Dec 2017 20:34 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Mohamad Amin Madani

REPUBLIKA.CO.ID, KLATEN --- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani membagikan puluhan unit komputer kepada sejumlah sekolah di Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali. Pembagian komputer tersebut bertujuan untuk mempersiapkan sekolah-sekolah menghadapi pelaksanaan ujian nasional dengan komputerisasi.

Di Kabupaten Klaten, Puan membagikan masing-masing 20 unit komputer kepada empat sekolah diantaranya kepada SMP N 1 Cawas, SMP N 1 Wedi, SMP N 3 Bayat, SMP N 3 Gantiwarno. Begitupun empat sekolah di Kabupaten Boyolali yang masing-masingnya memperoleh 20 unit komputer diantarnya SMP N 1 Ngemplak, SMP N 4 Boyolali, SMP N 3 Juwangi, dan SMP N Ampel. Puan mengatakan bantuan unit komputer tersebut merupakan upaya Pemerintah untuk membantu sekolah bersiap menghadapi Ujian Nasional dengan komputerisasi pada tahun depan.

“Tolong komputer ini dirawat dan dipergunakan dengan baik, bantuan ini agar anak belajar lebih baik terutama untuk komputerisasi nanti ujian nasional. Diawasi juga jangan sampai dipakai untuk hal-hal yang tidak baik,” tutur Puan dalam kunjungan kerjanya di SMP 1 Cawas, Klaten pada Selasa (12/12).

Selain membagikan puluhan unit komputer, Puan juga memberikan 100 paket buku bacaan untuk tiap masing-masing sekolah. Diharapkan dengan batuan tersebut siswa semakin bersemangat membudayakan literasi. Dalam kesempatan tersebut, Puan juga mengingatkan kepada kepala sekolah dan guru-guru yang hadir agar melaporkan kepada dinas pendidikan di masing-masing daerah jika terdapat siswa yang tergolong tak mampu namun belum memperoleh Kartu Indonesai Pintar (KIP). Melalui program tersebut siswa akan mendapat bantuan berupa dana untuk pendidikan. Dia mengatakan sebanyak 19.4 juta KIP ditargetkan sudah bisa terdistribusi pada tahun depan, sampai saat ini Pemerintah telah membagikan sebanyak 17,4 juta KIP untuk siswa di tiap jenjang mulai SD, SMP dan SMA.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

Aksi Walhi di depan Kedubes Jepang

Kamis , 25 Apr 2024, 13:24 WIB