Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Henry Kasihan dengan Lukaku

Senin 11 Dec 2017 10:21 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi / Red: Ratna Puspita

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku

Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Legenda Arsenal Thiery Henry merasa iba dengan striker Manchester United (MU) Romelu Lukaku. Henry mengatakan, performa buruk Lukaku dalam tiga bulan terakhir membuat striker asal Belgia itu akan jadi bahan perbincangan negatif.

Henry menyoroti kinerja Lukaku yang sangat buruk ketika MU menjamu Manchester City, Senin (11/12) dini hari WIB. Pada laga tersebut, Lukaku tak mampu berbuat positif untuk timnya sehingga membuat MU kalah 1-2.

Henry secara khusus menyoroti ketidakmampuan Lukaku dalam memanfaatkan ragam peluang yang didapatkan. Satu yang paling matang datang pada menit ke-85.

Lukaku tak mampu menjebol gawang City meski melakukan tembakan dari jarak sangat dekat. Mendapat bola sodoran manis dari Anthony Martial di sisi kanan gawang, Lukaku yang berdiri bebas tidak tenang dalam mengeksekusi peluang. Bola pun cuma mengenai wajar kiper City Ederson Moraes.

"Saya sangat iba kepadanya karena kejadian tersebut akan dibicarakan sangat ramai oleh orang-orang," kata Henry dikutip dari Sky Sports, Senin.

Legenda asal Prancis ini mengatakan, sesempit apapun peluang yang didapat, seorang striker harus bisa jadi andalan timnya. Menurut Henry, Lukaku justru tak bisa jadi penyelamat karena saat peluang itu datang, MU sedang tertinggal 1-2.

"Sebagai ujung tombak tim, seorang striker seharusnya tetap fokus sepanjang pertandingan. Bagaimanapun itu, peluang yang Lukaku dapatkan seharusnya menjadi gol," kata Henry.

Pada laga kontra City, Lukaku tak hanya bermain buruk. Striker 24 tahun ini juga jadi biang lahirnya dua gol City lewat sepasang blunder yang dibuatnya. 

Pada gol pertama yang dibuat gelandang David Silva, Lukaku menyundul bola di dalam kotak penalti sendiri ke arah depan gawang. Di sana, ada Silva yang sedang berdiri bebas dan langsung menghantam bola hingga masuk.

Pada proses gol kedua yang dicetak oleh Nicolas Otamendi, Lukaku dengan gegabah mengulangi kesalahan serupa kali ini dengan kakinya. Tak pelak, Lukaku pun jadi bahan cemoohan para fan United usai pertandingan digelar.

Selain karena performa buruk semalam, Lukaku juga tampil mengecewakan di semua pertandingan dalam tiga bulan terakhir. Imbasnya, catatan Lukaku mandek di angka delapan gol padahal Liga Primer Inggris sudah memainkan 16 pertandingan.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA