Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memelihara Kucing

Jumat 01 Dec 2017 15:57 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Gita Amanda

Kucing (ilustrasi)

Kucing (ilustrasi)

Foto: muslimmedianetwork.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Tingkahnya yang lucu dan manja membuat yang merawatnya selalu ingin bersama. Namun, sebelum memelihara kucing, ada baiknya memperhatikan hal berikut ini.

Dokter Spesialis Hewan Angela Maharani Rahardjo dari Leos N Vet Clinic menjelaskan kucing memiliki karakteristik yang unik. Kucing sifatnya individual kucing mudah stressfull. Rasa keingintahuan kucing juga tinggi. Dia adalah hewan yang bersahabat, aktif dan playfull. Bukan hanya itu, kucing juga hewan yang mandiri dan secara normal dia adalah hewan yang kurang minum.

Agar sukses memelihara kucing dan kucing hidup sehat, sebaiknya mengenal manajemen pemeliharaan, manajemen kesehatan, dan manajemen pakan kucing.

Untuk manajemen pakan misalnya, ada sejumlah nutrisi yang harus dicukupi agar kucing sehat. Yaitu protein hewani (asam amino), lemak (asam lemak), vitamin dan mineral serta air. Makanan yang diberikan teksturnya harus lebih mudah dikunyah dan dicerna oleh kucing berbagai usia. Sebaiknya pilih makanan yang lebih banyak kandungan air, protein dan lemak, rendah karbohidrat, rendah kandungan zat kimia tambahan dan pengawet serta lebih banyak isinya.

Untuk tempat tinggal kucing, Angela menyarankan bentuk kandang yang baik untuk kucing adalah kandang yang tinggi serta memiliki fasilitas agar kucing dapat melompat ke atas. Selain itu, kandang harus memiliki ventilasi yang baik, sehingga sirkulasi udara di dalam ruangan berputar dengan baik. Hal ini dapat mencegah kucing dari berbagai permasalahan kesehatan.

Setelah semua diperhatikan, barulah pelihara kucing. Sebab menurut Angela, memelihara kucing itu baik untuk kesehatan fisik, emosi dan mental manusia. Dengan memelihara kucing, menumbuhkan rasa empati dan disiplin. Selain itu, kucing juga dapat menurunkan 40 persen risiko serangan jantung. Bahkan bermain dengan kucing dapat menenangkan saraf-saraf di tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Penelitian terbaru University of New York menyatakan memelihara kucing mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol pemilik kucing," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA