Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Selain Tiga Situs Masjid Umat Islam

Ini Lima Masjid Terindah Lainnya di Dunia

Sabtu 25 Nov 2017 11:08 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agus Yulianto

Masjid Hassan II

Masjid Hassan II

Foto: Muslimvillage

REPUBLIKA.CO.ID, Masjid tak sekedar sarana atau tempat untuk beribadah umat Islam. Jauh dari sekedar definisi sederhana itu, banyak pula masjid yang memiliki warisan, cerita sejarah dan perjuangan di dalam pembangunannya. Peletakkan batu pertama dalam pembangunan masjid dimulai oleh Nabi Muhammad SAW saat mendirikan Masjid Quba' di Madinah. Dari sanalah, masjid berkembang dan menelurkan jaringan ratusan ribu masjid di seluruh dunia yang ada saat ini.

Tak hanya untuk beribadah shalat, masjid sejatinya adalah bagian penting dari komunitas Muslim. Karena masjid juga berfungsi sebagai tempat yang disucikan, tempat yang diberkahi Allah, dan tempat di mana tidak ada perbedaan antara status sosial seseorang. Tidak hanya itu, masjid juga berfungsi sebagai tempat atau majlis ilmu (pendidikan). Yang mana, umat Muslim bisa mendapatkan pelajaran atau ceramah agama bagi bekal kehidupan di dunia dan akhirat.

Semua umat Muslim bebas mengunjungi masjid tanpa pungutan apapun. Masjid mengajarkan etika, sopan santun, dan kebaikan. Karena mereka yang memasuki masjid diharuskan bersuara pelan dan saling menghormati antara jemaah masjid lainnya.

Sepanjang sejarah, umat Islam telah mendesain dan membangun masjid dengan arsitektur dan karya yang indah. Baik itu dalam desain interior dan eksterior. Ada beberapa tampilan yang paling menonjol dari kebanyakan struktur masjid, yakni menara. Menara umumnya adalah tempat yang kecil yang berisikan balkon sebagai tempat bagi muazin untuk mengumandangkan adzan. Kebanyakan masjid juga memiliki kubah yang menarik.

Masjid memiliki bentuk yang beragam. Terdapat masjid yang memiliki ruang kecil atau kerap disebut sebagai mushala. Namun, ada pula masjid yang berbentuk megah bak istana. Bagi umat Islam sendiri, terdapat tiga masjid yang dikenal dengan keindahannya dan merupakan warisan sejarah. Mereka di antaranya Masjidil Haram di Makkah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Al-Aqsa di Yarusalem.

Namun, selain tiga masjid ini, terdapat lima masjid terindah lainnya di dunia. Berikut lima masjid terindah lainnya di dunia yang bisa menjadi destinasi umat Islam, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Sabtu (25/11):

1. Masjid Hassan II
Masjid ini merupakan masjid terbesar di Maroko. Terletak di Casablanca, masjid ini juga merupakan masjid terbesar ke-13 di dunia. Masjid ini memiliki menara setinggi 689 kaki dan diatapi dengan sinar laser yang diarahkan ke arah Ka'bah. Dindingnya dibuat dengan kerajinan tangan dan atapnya dapat ditarik masuk. Masjid ini berdiri menghadap Samudera Atlantik dan bisa memuat sekitar 105 ribu jamaah sekaligus.

2. Masjid Zahir
Ini adalah salah satu masjid tertua di Malaysia, yang terletak di negara bagian Kedah. Masjid ini dibangun pada 1912. Terdapat lima kubah yang menghiasi struktur kubah utama, yang memiliki ukuran 45 kaki dalam radius dan tinggi 30 kaki. Desain Malaysia, India, dan Timur Tengah, sangat mempengaruhi struktur bangunan masjid ini.

3. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin
Masjid ini terletak di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam. Masjid ini bisa dilihat dari mana saja di kota tersebut. Fitur yang paling menonjol dari masjid ini adalah kubah yang dilapisi emas murni. Selain itu, masjid ini dibangun di atas laguna buatan di Sungai Brunei dan memiliki jembatan yang tampak menarik. Hampir semua interior bangunan diimpor dari luar negeri. Indahnya bangunan masjid Sultan Omar ini tampak seperti sebuah keajaiban rumah Allah.

4. Masjid Faisal
Masjid megah ini memiliki tampilan paling menonjol yang merupakan masjid terbesar di Pakistan. Masjid ini terletak di ujung utara Faisal Avenue di Islamabad. Tanpa lindungan kubah yang khas, masjid ini berbentuk seperti tenda khas Beduin di pedesaan di Arab Saudi. Masjid ini dikelilingi oleh empat menara setinggi 260 kaki. Desain masjid ini memiliki atap yang miring dengan ruang shalat berbentuk segitiga. Minaret meminjam desain bentuk mereka dari tradisi Turki. Masjid yang mempresentasikan kemegahan arsitektur Asia Selatan ini bisa menampung 10 ribu jamaah. Sementara serambi sekitarnya dan halaman luar masjid bisa menampung lebih dari 200 ribu jamaah.

5. Masjid Badshahi
Masjid ini terletak di kota Lahore, Pakistan. Masjid ini memiliki desain eksterior yang dibanggakan. Karena bangunan dihias dengan berukirkan batu pasir merah dengan tatahan marmer. Masjid ini masih tetap merupakan masjid terbesar dan terbaru yang dibangun di era kekaisaran besar Kesultanan Mughal pada 1671 dan selesai dibangun pada 1673. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Pakistan. Selain sebagai tujuan wisata utama kota Lahore, masjid ini bisa menampung kapasitas 5000 jamaah di ruang shalat utama dan 95 ribu jamaah di halaman tengah serta portiko.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA