Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Bogor Bangun Taman Gasing Bukan untuk Bermain Gasing

Sabtu 25 Nov 2017 07:25 WIB

Red: Didi Purwadi

Permainan tradisional gasing di Desa Sembalun, Lombok.   (Republika/Wihdan Hidayat)

Permainan tradisional gasing di Desa Sembalun, Lombok. (Republika/Wihdan Hidayat)

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, menambah jumlah taman tematik dengan membangun Taman Gasing di wilayah Bubulak untuk tempat bermain anak dan keluarga.

"Namanya Taman Gasing bukan untuk bermain gasing. Tetapi konsep ini diambil karena menurut warga sekitar di wilayah Bubulak, anak-anak senang bermain gasing di lokasi tersebut," kata Kepala Bidang Pertamanan, PJU dan Dekorasi Kota Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor, Yadi Cahyadi, di Bogor, Jumat.

Taman tersebut akan dibangun di RT 04/ RW 07 Kelurahan Bubulak Kecamatan Bogor Barat untuk memfasilitasi warga memiliki taman bermain anak-anak dan keluarga. Taman Gasing tersebut akan memiliki luas sekitar 760 meter persegi. Pembangunan akan berlangsung kurang lebih selama tiga bulan menggunakan anggaran APBD Kota Bogor.

Pembangunan Taman Gasing telah berjalan sejak September 2017 dan direncanakan rampung dan bisa dimanfaatkan mulai Desember nanti. Sedangkan pemeliharaan taman akan dilakukan oleh warga sekitar sesuai dengan kesepakatan namun apabila warga membutuhkan bantuan dalam hal pemeliharaan tanaman dan lain-lain maka dinas siap membantu.

"Yang jelas karena ini taman lingkungan dan kami sudah sepakat yang merawat dan menjaga adalah warga setempat," kata Yadi.

Kepala Seksi Pemeliharaan Taman Disperumkim Kota Bogor, Erwin Gunawan, menambahkan pembangunan taman itu merupakan program Pemkot Bogor bertujuan untuk menyebarkan ruang terbuka hijau ke wilayah-wilayah sebagai pelayanan fasilitas publik agar tidak terpusat di dalam kota. Selain itu, warga sekitar yang saat ini kekurangan ruang terbuka untuk beraktifitas, dapat memanfaatkan taman ini.

Warga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti tempat bermain anak, arena berkumpul maupun untuk penyelenggaraan seperti acara 17 Agustus-an. "Diharapkan manfaat pembangunan taman dapat dirasakan oleh warga," kata Erwin.

Sejak 2015 Pemerintah Kota Bogor telah membangun dan menata ulang sejumlah taman tematik seperti Taman Heulang, Taman Sempur, Taman Kencana, Taman Corat-Coret, Taman Ekspresi, Taman Air Mancur, Taman Bogor, Taman Perangi, dan Taman Skatepark dan Taman Kaulinan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA