Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Pemain Timnas Era 2000-an Indonesia Ikuti Lisensi C AFC

Jumat 17 Nov 2017 08:46 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Ratna Puspita

 Pemain Persib Bandung Supardi (tengah).

Pemain Persib Bandung Supardi (tengah).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Pesepak bola Indonesia yang aktif membela Tim Nasional di era 2000-an dilaporkan akan ikut kursus sebagai pelatih lisensi C AFC. Salah satu yang akan ikut ambil bagian adalah pemain yang masih aktif di Persib Bandung Supardi Nasir Bujang.

Supardi mulai memikirkan masa depan menjadi pelatih karena usianya sudah menginjak 34 tahun. Supardi memanfaatkan jeda kompetisi Liga 1 yang mencapai empat bulan untuk kursus lisensi C AFC. 

"Ini hanya untuk mengisi waktu kosong. Saya ingin isi dengan hal positif apalagi dengan menimba ilmu," kata Supardi, Kamis (17/11).

Informasi yang dihimpun, ada 21 peserta yang akan ikut kursus singkat ini. Selain Supardi, sejumlah pemain aktif yang turut serta adalah Zulkifli Syukur, Maman Abdurrahman, Jendry Pitoy. 

Ada juga bekas pemain Persib Bandung Zainal Arif dan Markus Haris Maulana. Nama-nama ini diketahui merupakan para penggawa Tim Garuda Merah Putih di era 2000-an.

Kursus lisensi C AFC ini akan dilakukan di Sawangan, Depok pada 18-30 November 2017. Bekas pelatih Supardi di Persib Emral Abus akan bertindak selaku mentor. Untuk instrukturnya adalah bekas pelatih Barito Putera dan PSPS Pekanbaru Mundari Karya.

Beberapa pekan lalu saat berbincang dengan Republika, Emral Abus yang merupakan guru besar pelatih Indonesia mengatakan dia memang menyerukan kepada pemain-pemain Indonesia yang sudah berkepala tiga untuk segera mengamankan lisensi pelatih.

Indonesia masih krisis dengan pelatih-pelatih lokal berkualitas. Sementara sejumlah pemain era 2000-an dikenal punya kapasitas mumpuni karena sudah ditempa pengalaman panjang di level klub dan internasional.

"Harus dari sekarang ketika masih aktif bermain. Jangan nunggu pensiun dulu baru ambil lisensi pelatih," ujar Emral.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA