Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

Thursday, 24 Ramadhan 1442 / 06 May 2021

La Liga Pastikan Gunakan VAR Musim Depan

Kamis 16 Nov 2017 06:12 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto

Logo La Liga

Logo La Liga

Foto: laliga.es

REPUBLIKA.CO.ID,MADRID -- Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memastikan kompetisi La Liga akan menggunakan video assistant referres (VAR) pada musim depan. Spanyol bergabung dengan Bundesliga Jerman dan Serie A Italia yang lebih terdahulu menggunakan teknologi ini.

"Presiden Komite Wasit D Victoriano Sanchez Arminio sudah menginformasikan kepada wasit dan asisten wasit di Primera Division bahwa pada musim depan VAR akan diimplementasikan di kejuaran dan liga nasional," kata RFEF dalam surat pernyataan seperti dikutip Reuters, Kamis (16/11).

VAR teknologi yang membantu wasit mengawasi jalannya pertandingan dari jarak jauh. Teknologi ini akan memberikan gambaran kepada wasit tentang pelanggaran atau kecelakaan parah.

"Arminio juga mengumumkan uji coba yang diminta oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) akan segera dilakukan," tambah RFEF dalam pernyataan tersebut.

La Liga satu-satunya liga dari lima liga terbesar di Eropa yang belum menggunakan teknologi goalline. Goalline technology atau teknologi garis gawang adalah teknologi yang membantu wasit membuat keputusan sebuah gol telah terjadi atau tidak.

Sebelumnya, Presiden La Liga Javier Tebas mengatakan, negosiasi penggunaan VAR sudah dalam tahap akhir. Penggunaan teknologi ini berdasarkan rekomendasi wasit dan asisten wasit di La Liga. "Alat ini akan sangat berguna bagi sepak bola Spanyol," kata Tebas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA