Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

Wednesday, 25 Zulhijjah 1442 / 04 August 2021

VAR akan Digunakan dalam Pertandingan Inggris Kontra Jerman

Kamis 09 Nov 2017 00:47 WIB

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah

Ofisial FIFA mengecek Video Assistan Referee (VAR) pada pertandingan Piala Dunia Antarklub 2016.

Ofisial FIFA mengecek Video Assistan Referee (VAR) pada pertandingan Piala Dunia Antarklub 2016.

Foto: EPA/KIMIMASA MAYAMA

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Laga persahabatan Inggris kontra Jerman di Stadion Wembley, Sabtu (11/11) dini hari WIB akan melibatkan Video Assisten Manager (VAR). Dikutip dari Evening Standard, Rabu (8/11), asoasi yang mengatur regulasi sepak bola dunia (IFAB) secara resmi telah mengumumkan hal tersebut.

Stadion Wembley pun sudah siap untuk menerapkan kebijakan ini. Sebelumnya, stadion di pusat kota London itu juga pernah sekali menggelar laga dengan pengaplikasian VAR pada bulan Oktober 2017.

Laga Inggris kontra Jerman memang sangat cocok dipasangi VAR. Itu karena kedua tim kerap terlibat laga yang berjalan penuh kontroversi.

Kejadian kontroversi pertama terjadi ketika Inggris mencetak gol yang dianggap tidak sah ketika menang melawan Jerman Barat di final 1966. Kala itu, gol kedua Inggris yang dicetak Geoff Hurst tampak belum melewati garis. Namun, wasit mengesahkannya. Inggris kemudian keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2.

Kontroversi serupa terulang di Piala Dunia 2010. Kala itu, Inggris dan Jerman bertemu di babak 16 besar. Namun, kali ini Inggris yang menjadi 'korban'. Gol Frank Lampard tidak disahkan. Inggris kalah 1-4.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA