Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Monday, 16 Zulhijjah 1442 / 26 July 2021

Pirlo Gantung Sepatu

Selasa 07 Nov 2017 08:40 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah

Andrea Pirlo

Andrea Pirlo

Foto: Twitter MLS

REPUBLIKA.CO.ID, NEWYORK -- Andrea Pirlo mengumumkan pensiun bulan lalu saat kontraknya bersama New York City FC habis. Pirlo akhirnya menjalani laga terakhirnya saat masuk menjadi pemain pengganti ketika New York City mengalahkan Columbus Crew 2-0, Senin (6/11)

"Tidak hanya petualangan saya yang akan berakhir di NY tapi perjalanan saya sebagai pemain sepakbola," kata Pirlo, seperti dikutip Reuters.

Pirlo sudah bermain 116 pertandingan untuk tim nasional Italia. Pirlo memulai kariernya saat masih berusia 16 tahun di Brescia sebelum pindah ke Inter Milan pada tahun 1998.

Ia kesulitan mendapatkan tempat di tim utama di Inter. Pada 2001, ia pindah ke AC Milan yang melambungkan namanya. Karidrnya semakin cemerlang di bawah asuhan Carlo Ancelotti yang melihat bakatnya sebagai seorang deep-lying playmaker.

Kariernya semakin menanjak ketika Milan menjuarai Liga Champions dan Piala Italia pada 2003. Dilanjutkan dengan gelar Serie A pada tahun berikutnya. Setelah menjuarai Piala Dunia ia dinobatkan sebagai sebagai playmaker terbaik di dunia.

Sepuluh tahun di AC Milan pada tahun 2011 Pirlo pindah ke Juventus. Ia pun berhasil membawa Juventus memenangkan empat gelar Serie A berturut-turut sebelum pindah ke Amerika pada 2015.

Di Amerika ia bergabung dengan New York City. Pirlo membawa New York City ke babak play-off Major League Soccer selama dua musim tapi gagal mempersembahkan piala kepada klub tersebut.

"Saya akan berterima kasih kepada keluarga saya, semua tim yang dengan rasa hormat memberi tempat saya bermain, setiap rekan tim yang dengan senang hati bermain bersama saya, semua orang yang membuat karier saya luar biasa. Anda selalu bersama saya dan di hati saya," kata Pirlo. 

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA