Senin 06 Nov 2017 09:32 WIB

Susu Murni, Susu Kemasan, Mana yang Harus Dipilih?

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Susu sapi.
Foto: Pexels
Susu sapi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu adalah minuman penting dalam rumah tangga. Minuman ini tidak hanya untuk anak-anak, bahkan orang dewasa menyukai segelas susu hangat.

Tetapi adanya laporan tentang kualitas susu membuat pembeli harus mempertimbangkan kembali pilihan susu yang akan diminum. Penjelasan beberapa jenis susu, seperti yang dikutip dari Times of India, Senin (6/11), ini dapat dijadikan pertimbangan sebelum membeli

Raw milk (susu murni)

Susu jenis ini merupakan susu yang tidak dipasteurisasi dan tidak diolah dengan cara apapun. Raw milk tersedia dalam bentuk organik dan anorganik.

Susu organik

Organik berarti pakan ternak yang diberikan tidak mengandung pestisida atau bahan kimia lainnya. Apalagi di perusahaan susu, sapi dan kerbau juga tidak disuntikkan dengan hormon atau obat untuk menghasilkan lebih banyak susu.

Susu inorganik

Pakan ternak yang dimakan oleh sapi mengandung bahan kimia. Kadang kondisi kandang sapi juga buruk.

Kemungkinan kualitas kebersihan buruk

Di India, distribusi susu mentah dari perusahaan susu lokal lebih tinggi di daerah pedesaaan daripada daerah perkotaan karena daya tahan dan nilai gizi susu ini. Tapi kebersihan tempat produksi susu yang tidak baik dapat menyebabkan dampak berbahaya bagi peminum susu.

Susu Kemasan

Susu kemasan adalah susu yang dipasteurisasi dan homogenisasi. Pasteurisasi berarti susu dipanaskan dan kemudian didinginkan segera di bawah suhu untuk menyingkirkan bakteri dan kotoran. Susu kemasan ada dalam tiga bentuk, yakni toned, double-toned, dan full cream.

Susu full cream adalah susu yang tidak diencerkan dan dipasteurisasi dan juga dihomogenisasi. Toned dan double-toned adalah versi susu yang diencerkan. Konsentrasi gizi dan jumlah kalori dari ketiga jenis ini berbeda.

Susu dengan kemasan tetra pak

Susu diproses menggunakan UHT (suhu ultra tinggi) atau HTST (suhu tinggi dalam waktu singkat). Susu dipanaskan pada suhu tinggi yang ditentukan hanya dalam beberapa detik, didinginkan, dan segera dikemas dalam kemasan tetra.

Tetra pak idealnya mengandung enam lapisan perlindungan untuk susu. Daya tahan susu tetra pak lebih banyak daripada susu mentah dan susu kemasan.

Ada banyak penelitian mengenai perbandingan jenis-jenis susu yang tersedia di pasaran. Sebagian besar, penelitian mengarah ke tetra pak sebagai pilihan teraman.

Sebab susu ini tidak terkontaminasi dengan cara apapun berkat teknologi serta tidak ada bahan pengawet yang ditambahkan. Alasan ini membuat susu tetra pak cukup higienis untuk anak-anak, karena kekebalan tubuh mereka tidak cukup kuat untuk melawan bakteri yang ditemukan dalam susu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement