Kamis 02 Nov 2017 09:59 WIB

Konsumsi Ikan Saat Hamil Lindungi Bayi dari Asma

Rep: Novita Intan/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi Ibu Hamil
Foto: pixabay
Ilustrasi Ibu Hamil

REPUBLIKA.CO.ID, INDIA -- Wanita yang mengonsumsi ikan selama kehamilan dapat melindungi bayi dari asma. Efek positif dari makan ikan secara alami disebut sama dengan  efek yang didapat dari mengkonsummsi suplemen minyak ikan.

Manfaat asam lemak esensial yang terpadat pada ikan terutama dibutuhkan sejak masa kehamilan trimester ketiga. "Mengkonsumsi 8-12 ons (2-3 porsi) ikan dengan kadar merkuri rendah dalam seminggu tidak hanya dapat mencapai perlindungan asma yang sama (dengan suplemen), namun juga memperkuat manfaat nutrisi bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi," kata Richard Lockey, Profesor di University of South Florida di AS, dikutip Indian Express, Rabu (1/11).

Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Allergy and Clinical Immunology: In Practice, dilakukan pada tiga kelompok wanita di trimester ketiga mereka.

"Asam lemak omega-3 tidak dapat disintesis oleh manusia dan oleh karena itu merupakan nutrisi penting yang didapatkan secara eksklusif dari sumber laut," kata iChen Hsing Lin dari University of South Florida.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement