Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

6 Keterampilan Penting yang tidak Didapat di Bangku Kuliah

Jumat 27 Oct 2017 13:41 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra

Karyawan. ilustrasi

Karyawan. ilustrasi

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendidikan adalah hal penting, tetapi tidak menjamin segalanya. Laman Business Insider mendaftar sederet keterampilan krusial yang tidak bisa didapatkan lewat bangku kuliah dan pendidikan formal saja, tetapi membutuhkan kursus atau pengalaman organisasi.

Wawancara kerja
Tidak sedikit lulusan baru yang gagal dalam wawancara kerja di perusahaan yang mereka inginkan. Meski seseorang memenuhi kualifikasi untuk satu posisi, ia tetap perlu memperhatikan hal lain seperti isi resume pekerjaan dan sikap selama tes wawancara.

Membangun jaringan
Terkadang dunia kerja tidak mementingkan apa yang diketahui seseorang, tapi luasnya jaringan. Mengenal banyak orang dan membangun jaringan sangat penting dalam karier, apalagi untuk mengejar pekerjaan impian yang diidamkan.

Manajemen waktu
Manajemen waktu kerap diterapkan selama berkuliah, tetapi tidak ada pedoman pakem untuk mengelolanya secara efisien. Pengaturan waktu yang tepat sangat penting karena seseorang harus menyelesaikan pekerjaan tanpa mengorbankan waktu berharga dengan keluarga.

Mengelola uang
Pengelolaan keuangan pribadi tidak bisa disepelekan begitu saja, apalagi bagi seseorang yang bertanggung jawab menafkahi keluarga. Selalu cermati arus pemasukan dan pengeluaran bulanan, juga sisihkan gaji untuk ditabung demi masa depan.

Etika mengirim surel
Mengirim surel atau email selama kuliah mungkin hanya terbatas pada tugas atau proyek mahasiswa. Begitu memasuki dunia profesional, sejumlah etika saat mengirim surel perlu diperhatikan karena seseorang membawa nama perusahaan tempatnya bekerja.

Negosiasi
Negosiasi adalah kunci paling utama dalam kesuksesan karier. Calon karyawan membutuhkannya untuk mendiskusikan soal gaji, dan karyawan yang sudah tergabung dalam perusahaan memerlukan keterampilan itu saat jumpa klien atau untuk jenjang karier.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA