Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Science Film Festival Digelar di Taman Pintar Yogyakarta

Rabu 25 Oct 2017 14:50 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Hazliansyah

Sejumlah pengunjung mencoba salah satu permainan peraga fisika di Taman Pintar, Yogyakarta.

Sejumlah pengunjung mencoba salah satu permainan peraga fisika di Taman Pintar, Yogyakarta.

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Taman Pintar Yogyakarta bekerja sama dengan Goethe Institut Jerman menggelar Science Film Festival (SFF) 2017. Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pariwisata Yunianto Dwisutono ini akan berlangsung mulai 24 Oktober hingga 19 November 2017 di Science Theater Taman Pintar.

Kepala Bidang Taman Pintar Yogyakarta, Afia Rosdiana mengatakan, festival ini menampilkan film-film yang mengkomunikasikan Ilmu Pengetahuan dengan cara mudah dan menghibur, dengan tujuan mendorong kaum muda untuk memiliki rasa ingin tahu dan minat terhadap ilmu pengetahuan.

"Festival ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa hiburan dan proses belajar dapat dikombinasikan secara efektif melalui media film dan eksperimen sains yang menyenangkan," ujarnya, Rabu (25/10).

Science Film Festival (SFF) sendiri adalah sebuah program yang diinisiasi oleh Goethe Institut Jerman pada tahun 2005 di Thailand dan telah meluas di berbagai negara. Science Film Festival 2017 berlangsung di 23 negara.

Menurutnya, SFF menggabungkan pendidikan dan hiburan dengan sangat efektif, menunjukan bahwa mengkomunikasikan dan mempelajari sains itu adalah hal yang sangat menyenangkan.

Hal ini sejalan dengan visi Taman Pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains dalam suasana menyenangkan, dan misi Taman Pintar untuk menumbuh kembangkan minat anak dan generasi muda terhadap sains dengan imajinasi, percobaan, dan permainan yang menyenangkan.

Dalam satu bulan kegiatannya, Taman Pintar mentargetkan 7.000 orang yang mengikuti festival ini dengan sasaran utama adalah siswa/siswi sekolah SD dan SMP sederajat, walaupun tidak menutup kemungkinan diikuti oleh pengunjung umum.

"Kegiatan SFF 2017 dilaksanakan selama 2 (dua) jam untuk setiap penayangannya, karena disamping pemutaran film sains dilanjutkan dengan dengan diskusi dan demo sains sesuai dengan tema film yang dikemas secara interaktif," kata dia.

Kegiatan Science Film Festival (SFF) 2017 ini juga merupakan bentuk komitmen Taman Pintar untuk terus melakukan edukasi kepada masyarakat agar semakin mencintai sains dan teknologi, dengan cara yang menarik, menyenangkan, dan interaktif.

"Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak yang peduli terhadap peningkatan kualitas pendidikan generasi muda adalah salah satu cara yang ditempuh guna mengoptimalkan peran Taman Pintar sebagai sarana literasi sains masyarakat," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA