Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Monday, 17 Rajab 1442 / 01 March 2021

Manfaat Menyehatkan di Balik Labu Kuning

Senin 23 Oct 2017 20:56 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Labu kuning.

Labu kuning.

Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, Jack o'lantern atau labu kuning dengan ukiran wajah tertawa ini ternyata memberi banyak manfaat. Selain dapat dijadikan aksesori, labu berukuran besar ini ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi.

Standard UK merangkum setidaknya ada enam manfaat kesehatan di balik labu kuning. Berikut ini ialah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

Menjaga Kesehatan Mata
Salah satu keunggulan labu kuning adalah kandungan beta karoten yang cukup tinggi. Beta karoten merupakan provitamin yang dapat diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Salah satu manfaat beta karoten adalah meningkatkan sistem imun.

Beta karoten juga penting untuk kesehatan mata. Beta karoten diketahui dapat membantu melindungi mata dari katarak dan degenerasi. Tak hanya itu, beta karoten juga dinilai dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner.

Menunjang Penampilan Awet Muda
Tampil awet muda tak harus dengan melakukan perwatan kulit yang mahal. Perawatan kulit juga bisa dilakukan dari dalam dengan mengonsumsi labu kuning.

Seperti diketahui, labu kuning memiliki vitamin C yang juga cukup tinggi. Ketika dikonsumsi, vitamin C dapat mendorong produksi kolagen untuk kulit, sehingga elastisitas kulit bisa tetap terjaga dan kulit pun tampak bersinar dengan sehat.

Menurunkan Berat Badan
Dalam satu cangkir labu kuning terdapat tiga gram serat dan 49 kalori. Mengonsumsi labu kuning dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama dengan jumlah kalori yang lebih rendah. Oleh karena itu, labu kuning dapat menjadi 'teman' yang baik bagi mereka yang sedang berupaya menurunkan berat badan.

Memberi Kebahagiaan
Biji-biji di dalam labu kuning dilengkapi dengan protein, magnesium, kalium dan zat seng. Beberapa studi menunjukkan bahwa biji labu kuning dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti mencegah pelebaran kelenjar prostat, menurunkan risiko batu saluran kemih dan bahkan mencegah depresi.

Memangkas Risiko Kanker
Kandungan beta karoten pada labu kuning tak hanya baik untuk kesehatan mata. National Cancer Institute mengungkapkan bahwa beta karoten juga memainkan peran penting dalam mencegah kanker.

Menyegarkan Tubuh Setelah Olahraga
Cukup banyak orang yang memiliki keinginan mengemil setelah melakukan olahraga yang menguras energi. Tentunya, camilan yang dikonsumsi merupakan camilan sehat, seperti buah-buahan. Salah satu buah yang cukup populer dikonsumsi setelah berolahraga adalah pisang.

Labu kuning bisa dipertimbangkan untuk menjadi pengganti pisang. Alasannya, satu cangkir labu kuning yang sudah dimasak dan dipotong-potong memiliki kandungan kalium untuk menambah tenaga yang lebih tinggi dari pisang. Jika pisang memiliki 422 mg kalium per cangking, labu kunging memiliki 564 mg kalium untuk jumlah yang sama.

 

 

sumber : Adysha Citra Ramadani
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA