Senin 23 Oct 2017 04:50 WIB

Dua Olahraga Ini Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Rep: Novita Intan/ Red: Indira Rezkisari
Olahraga yoga
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Olahraga yoga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekarang, bukan rahasia lagi bahwa olahraga teratur adalah kunci untuk meningkatkan kesehatan jantung. Tetapi bagi mereka yang ingin serius mengurangi risiko penyakit jantung mereka, ada latihan, khususnya yang dapat mengemas dua pukulan secara harfiah.

Seperti dilansir dari laman Reader's Digest, latihan yoga dan aerobik sangat efektif mencegah penyakit jantung, menurut sebuah penelitian baru dari HG SMS Hospital di India. Tim peneliti menugaskan 750 pasien penyakit jantung ke tiga rezim latihan yang berbeda antara lain latihan aerobik, yoga, atau latihan aerobik dan yoga.

Semua tiga kelompok berpartisipasi dalam tiga sesi enam bulan latihan yang mereka tetapkan. Pada akhir masa percobaan, baik latihan aerobik maupun yoga yang berlatih menunjukkan penurunan tekanan darah, BMI, dan kolesterol yang serupa.

Namun, kelompok yang telah mencoba kedua latihan tersebut melihat peningkatan dua kali lipat. Itu bukan satu-satunya melakukan yoga.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa sesi sehari-hari dapat meningkatkan kemampuan otak Anda, mencegah sakit punggung. Tapi itu kombinasi dari dua latihan yang melakukan triknya

"Gabungan latihan yoga dan aerobik India mengurangi tekanan mental, fisik dan vaskular dan dapat menyebabkan kematian dan morbiditas kardiovaskular yang menurun," ujar rekan penulis Dr. Sonal Tanwar, seorang ilmuwan dalam kardiologi pencegahan dan Dr. Naresh Sen, seorang ahli jantung konsultan, keduanya dengan HG SMS Hospital.

Pasien penyakit jantung bisa mendapatkan keuntungan dari belajar yoga India dan menjadikannya bagian rutin dari kehidupan sehari-hari, ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement