Selasa 17 Oct 2017 06:46 WIB

PPLIPI Gelar Pendalaman Organisasi Bagi Pengurus dan Anggota

PPLIPI gelar kegiatan pengalaman anggota
Foto: dok: PPLIPI
PPLIPI gelar kegiatan pengalaman anggota

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR - Guna meningkatkan pemahaman anggota dan pengurus mengenai konsep dasar organisasi, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) menggelar Kegiatan Pendalaman Organisasi. Kegiatan berlangsung pada 12 hingga 13 Oktober 2017 kemarin di Aston Bogor Hotel, dengan mengangkat tema "Membangun Soliditas Diantara Pengurus untuk Mencapai Tujuan Organisasi.

Dalam kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pembekalan untuk mengenal lebih dalam PPLIPI yakni pemantapan pemahaman organisasi mulai dari Visi dan Misi, AD/ART, kode etik, Tupoksi PPLIPI dan lainnya.

Wakil Ketua Umum I-Bidang Organisasi PPLIPI, Dewi Rasyid mengatakan, PPLIPI merupakan organisasi perempuan lintas profesi yang baru didirikan pada 17 April 2016 dengan sistem keanggotaan terbuka dan berskala nasional.

"Salah satu syarat agar roda organisasi berjalan baik, adalah terbentuknya persepsi yang sama di antara anggota, khususnya para pengurus, akan visi dan misi Organisasi, dari tingkat Pusat sampai tingkat Daerah karena itulah kegiatan ini kami selenggarakan," ujar Dewi Rasyid.

Dengan lebih mengenal konsep dasar organisasi, diharapkan setiap pengurus akan merasa lebih cinta dan merasa lebih dalam menjadi bagian dari PPLIPI.

"Sehingga akhirnya dapat muncul Senses of Belonging terhadap PPLIPI," ujarnya.

Selain itu, peserta juga diiberikan pembekalan berupa training Leadership. Dengan harapan setiap pengurus PPLIPI dapat menyadari, bahwa dirinya dengan profesi yang dimilikinya, dengan pengalaman, pemikiran dan akses maupun posisi yang dimilikinya mampu untuk menjadi trigger perubahan di lingkungannya. Tentunya dalam pengertian perubahan yang positif.

Adapun di akhir kegiatan dilakukan aktivitas Outbond yang menitikberatkan pada pelatihan /team building untuk meningkatjan keakraban, team work dan keanggotaan yang lebih solid.

Hal ini menurutnya penting dilakukan sebab dalam organisasi, yang merupakan sekumpulan individu-individu, kemampuan bekerja sama atau team work, baik yang tercipta dari keakraban dan kekukuhan setiap unsur, sangat diperlukan sehingga tujuan Organisasi dapat tercapai dengan baik dan optimal.

Sekretaris Jenderal PPLIPI Maya Miranda Ambarsari mengatakan sejak didirikan tahun lalu, PPLIPI terus memberikan kontribusi positif bagi perempuan Indonesia. Perkembangannya pun terus berlanjut tidak hanya di pusat tetapi juga di daerah.

Saat ini, PPLIPI telah memiliki 5 DPW yaitu di DKI Jakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Jambi dan Jateng. DKI Jakarta sendiri sudah memiliki 4 DPC yaitu di Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Jakarta Utara. Ada pula DPC Tanjung Pinang dan Batam di Kepulauan Riau, DPC Kota Tasikmalaya di Jabar, dan DPC Bima, NTB.

"Insya Allah pada Oktober ini akan dilantik pengurus DPW Sumatera Utara  dan DPW Aceh. Untuk selanjutnya dalam waktu dekat DPW Jawa Timur," ujarnya.

Maya yakin bila PPLIPI solid dan kompak mulai dari tingkat DPP, DPW, DPC sampai PAC, PPLIPI dapat memperjuangkan aspirasi perempuan dari berbagai lintas profesi dan memberdayakan perempuan Indonesia untuk lebih berkualitas, mandiri, dan maju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement