Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Kualifikasi Piala Dunia 2018

Pelatih Belanda: Kami akan Merindukan Robben

Rabu 11 Oct 2017 07:56 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Kapten timnas Belanda, Arjen Robben (tengah).

Kapten timnas Belanda, Arjen Robben (tengah).

Foto: EPA/Tatyana Yenkovich

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Pelatih Belanda, Dick Advocaat menunjukkan respek kepada Arjen Robben. Anak asuhnya tersebut memutuskan pensiun dari tim nasional usai laga kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Swedia.

Duel yang berlangsung di Amsterdam Arena, Rabu (11/10) dinihari WIB, dimenangkan tim Oranje dengan skor 2-0. Kendati demikian, hasil tersebut tidak cukup meloloskan Robben dan kawan-kawan ke Rusia. Hingga akhirnya keputusan sang kapten tidak berubah. (Baca: Belanda Gagal ke Rusia, Robben Umumkan Pensiun Bela Oranje)

"Sebuah kehilangan besar bagi tim nasional, ketika kami akan bermain tanpa dia, karena dia adalah pemain berkualitas. Kami akan merindukannya, tidak perlu meragukan hal itu," kata Advocaat kepada wartawan, dikutip dari Four Four Two, Rabu (11/10).

Ia menerangkan, pesepak bola 33 tahun itu bakal lebih fokus ke tingkat klub. Saat ini, Robben berstatus penggawa Bayern Muenchen. Sepanjang kariernya di timnas, eks Chelsea FC, dan Real Madrid memiliki 96 caps dan mencetak 37 gol.

Belanda sendiri gagal menuju Rusia karena kalah selisih gol dari Swedia. Kedua tim mengakhiri kualifikasi di peringkat ketiga dan kedua, setelah sama-sama mengumpulkan 19 poin dari 10 laga.

Sementara Perancis, kokoh di puncak klasemen dengan mengantongi 23 poin. Kubu Les Bleus meraih tiket otomatis ke Piala Dunia, dan Swedia melalui babak play-off.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA