Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Putus Sekolah tak Buat 7SKIES Putus Berkarya

Kamis 05 Oct 2017 04:17 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Grup band 7SKIES.

Grup band 7SKIES.

Foto: Dok: RSCM Production

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sibolga memang kota terkecil di Indonesia, luas wilayahnya tak lebih dari 10 km persegi. Namun, di kota sekecil ini tidak membuat semangat sekelompok anak mudanya untuk berkarya.

Meski mereka sekumpulan remaja yang sebagian besar putus sekolah, di bawah payung manajemen RSCM Production, mereka membentuk grup band bernama 7SKIES.

Grup band ini pertama kali terbentuk 28 Oktober 2016  dari sebuah komunitas hiphop di Sibolga. Awalnya 7SKIES beranggotakan enam orang, seiring berjalannya waktu hanya bertahan dengan dua orang personil, yaitu Ilham Syaputra Hutagalung dan Edo Nasution.

Ilham mengatakan, setahun sudah 7SKIES berkiprah di dunia musik hiphop. Sejumlah karya sudah dikeluarkan untuk dinikmati masyarakat luas di Sibolga maupun Indonesia.

Diantara lagu-lagu yang sudah dikeluarkan di Youtube, terang Ilham, antara lain Ketika Ku Jatuh. "Ini lagu mengenai besarnya kasih sayang ibu kepada anaknya," katanya dalam siaran persnya, Rabu (4/10).

Selanjutnya ada lagu lainnya seperti Respect, Luka, Shopaholic, Untuk Kota Ini, Misteri, On Your Mind, dan yang terbaru Faya Robbana. Semua lagu-lagu 7SKIES bercerita tentang cinta, kehidupan, Tuhan dan sebagainya. Proses rekaman lagu-lagu 7SKIES memang tidak dilakukan di Kota Sibolga karena dari segi fasilitas rekaman kurang memadai, sehingga lagu-lagu 7SKIES lebih banyak di proses di Medan dan Jakarta.

Putus sekolah, ujar Ilham, ia dan Edo tak putus asa. Mereka terus menulis lirik lagu untuk berkarya bagi perkembangan dunia hiphop di tanah air. Meski memiliki keterbatasan finansial dan jaringan untuk aktualiasasinya. Melalui RSCM Production bakat mereka di dunia hiphop bisa dikembangkan.

Ilham mengaku senang karyanya mulai didengar dan go public. Ia terharu karena 7SKIES diterima dengan baik di masyarakat. "Semoga harapan untuk sukses kedepannya dan peluang masuk industri musik masih terbuka lebar," ujarnya.

Sementara Edo berharap pemerintah daerah Sibolga dan juga daerah lain di Indonesia agar memperhatikan bakat-bakat anak mudanya sebagai aset yang bisa membanggakan dan mengharumkan nama daerahnya. Untuk mendengarkan lagu-lagu 7SKIES bisa di klik di link berikut ini:

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA