Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Hantam Las Palmas, Barcelona Kokoh di Pucuk Klasemen

Senin 02 Oct 2017 00:44 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Yudha Manggala P Putra

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: AP Photo/Francisco Seco

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- FC Barcelona masih menjadi tim teratas di pekan ke-7 La Liga Spanyol. Usai mengandaskan Las Palmas di Camp Nou, dengan skor 3-0, pada Ahad (1/10) the Cules menegaskan dominasinya di awal kompetisi musim ini.

Kemenangan Barca atas La UD kali ini, menandai tujuh laga musim La Liga tahun ini, tanpa kalah. Kini skuat pelatih Ernesto Valverde tersebut, mengemas 21 angka di papan klasemen sementara. Tampak renggang dari penghuni peringkat ke-2 di papan klasemen yang diisi oleh Valencia FC, dengan nilai 16 angka.

Saat laga menjamu Las Palmas, pelatih Velvarde tak menyiakan laga di kandang kali ini. Formasi 4-4-2, dia terapkan dengan memasang duet Lionel Messi dan Luis Suarez sebagai penyerang di lini depan.

Adapun pelatih Francisco Ayestaran, berusaha mengimbangi Barca dengan formasi bermain 4-2-3-1. Striker Jonatahna Calleri dia andalkan sebagai penyerang tunggal.

Tiga gelandang tengah, Tana, bersama Jinathan Viera dan Oussama Tannane, menjadi tumpuan serangan sekaligus gerbang pertahanan bagi tim tamu. Di tambah dua gelandang bertahan, dan empat pemain belakang murni, penjegal laju serangan Barca.

Permainan bertahan Las Palmas, sebetulnya ampuh membuat Barca frustrasi. Itu terlihat dari kegagalan Barca menjebol gawang yang dijaga kiper Leandro Chichizola pada babak pertama. Sepanjang 45 menit pertandingan pertama, pertandingan berakhir tanpa gol.

Namun pada babak kedua, pelatih Velvarde mengubah komposisi pemain tengahnya. Gelandang Paulinho, dan Aleix Vidal ditarik keluar. Masing-masing diganti pemain senior, Ivan Rakitic, dan Andres Iniesta. Sementara pelatih Ayestaran, belum mau mengubah pemainnya.

Rombak pemain di kubu tuan rumah, mampu memecah kebuntuan. Pada menit ke-49, Barca mampu membuka keungulan. Lewat gol gelandang Sergio Busquet, Las Palmas tertinggal 1-0. Skor tersebut tak mampu dibalas para pemain tamu sampai pertandingan sudah memasuki menit ke-70-an.

Pada menit ke-71, aksi Messi membuahkan gol tambahan dan membuat skor menjadi 2-0. Cuma butuh waktu lima menit, Messi kembali membungkam kiper Chichizola, dan membuat papan skor menjadi 3-0.

Kebobolan tiga gol, tak ada pilihan bagi pelatih tamu mengubah skema permainan. Dua pemain ditarik sekaligus pada menit ke-78. Gelandang bertahan herman Santana dan gelandang sayap Tana, digantikan oleh Vicente Gomez dan Herman Toledo. Namun, pergantian pemain tersebut, tak mampu mengubah keadaan.

Sampai memasuki menit ke-80-an, Barca tetap dominan. Las Palmas, pun tak mampu membayar gol tertinggal. Sampai pertandingan usai, skor awet 3-0.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA