Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Sunday, 29 Sya'ban 1442 / 11 April 2021

Google Maps Tingkatkan Akurasi Lokasi

Kamis 28 Sep 2017 10:10 WIB

Rep: NOVITA INTAN/ Red: Winda Destiana Putri

Google Maps

Google Maps

Foto: YouTube

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sebuah chip GPS baru yang sangat akurat dapat membantu memecahkan masalah keakuratan sebuah lokasi. Chip BCM47755 Broadcom memungkinkan maps pada smartphone menjadi akurat dalam 30 sentimeter. Menurut IEEE Spectrum, lebih akurat dibandingkan dengan standar saat yang mencapai 3 sampai 5 meter. 

Broadcom juga mengatakan BCM47755 akan lebih efektif di kota-kota daripada chip yang lebih tua. Semua ini akan berguna untuk aplikasi berbasis lokasi.

"Sebagai contoh, pengetahuan jalur lajur tentang lokasi kendaraan sangat meningkatkan kinerja navigasi belokan demi belokan," kata Broadcam seperti dilansir dari laman, Mashable. 

Selanjutnya, menggabungkan lokasi yang akurat ini dengan pola lalu lintas jalur memberi perkiraan perkiraan waktu kedatangan yang lebih baik secara signifikan. Dengan nada yang sama, aplikasi yang mengendarai dapat ditingkatkan untuk menentukan lokasi pengemudi dan klien dengan tepat.

Chip tersebut telah disertakan dalam disain beberapa smartphone yang dijadwalkan rilis tahun depan. Namun Broadcom belum mengungkapkan secara spesifik.

Akurasi yang meningkat dari BCM47755 disebabkan oleh penggunaan sinyal satelit yang lebih kompleks, hanya disiarkan oleh satelit generasi terbaru. Semua sistem satelit navigasi global (GNSSs) saat ini menyiarkan lokasi mereka dengan sebuah sinyal yang disebut L1. 

Sistem baru menyiarkan, sebagai tambahan, sinyal yang lebih kompleks dan akurat disebut L5. BCM47755 adalah chip pasar massal pertama yang menggunakan kedua sinyal untuk menyesuaikan dirinya. 

Ini terkunci ke satelit dengan L1, dan kemudian memperbaiki posisinya dengan L5. Di mana L5 juga kurang rentan terhadap distorsi dengan memantul bangunan dan hambatan lainnya, yang berarti sinyal tersebut bertahan di lingkungan perkotaan.

Broadcom jauh dari pengembang pertama yang mengenali permintaan akan akurasi GPS, namun ini adalah yang pertama merilis chip dengan potensi ini. Asosiasi Penelitian Ruang Angkasa India merilis GAGAN pada bulan September untuk merampingkan sistem GPS, namun hanya untuk pesawat terbang.

Usaha patungan Eropa yang disebut Sapcorda, yang didirikan pada bulan Agustus, bertujuan untuk memberikan akurasi tingkat sentimeter GPS, namun belum mengungkap sebuah produk seperti apa.

sumber : Center
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA