Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Kalahkan Laos, Indonesia U-16 Lolos ke Piala Asia

Jumat 22 Sep 2017 17:56 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah

Timnas Indonesia U-16.

Timnas Indonesia U-16.

Foto: Humas PSSI

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK -- Tim nasional U-16 mencatat hasil sempurna pada kualifikasi Piala Asia U-16. Dalam laga pamungkas Grup G, Garuda Muda membungkam Laos U-16 3-0 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand, Jumat (22/9) sore WIB. Hasil ini memastikan Indonesia berlaga di Piala Asia U-16 di Malaysia, tahun depan.

Sejak kick-off dibunyikan wasit, Indonesia langsung menekan pertahanan lawan. Serangan bergelombang dari area sayap dilancarkan anak asuh Fakhri Husaini. 

Meski demikian hingga seperempat jam pertandingan berjalan, belum ada gol tercipta. Pada menit ke-25, gol yang ditunggu publik Tanah Air datang juga. Aksi Sutan Diego Armando Zico berhasil merobek gawang Laos. 

Setelahnya, Garuda Muda tampil percaya diri. Meski demikian hingga turun minum kedudukan belum berubah. Usai jeda irama pertandingan tetap sama.

Serangan cepat Garuda Muda merepotkan lini belakang lawan. Pada menit ke-59, Sutan Zico kembali mencatatkan namanya di papan skor. Sontekan jebolan SSB Bina Taruna ini memperdaya Dim Phoutthavong. Itu gol kesepuluh Zico selama kualifikasi.

Pada pengujung waktu pertandingan, Indonesia mendapatkan penalti yang dieksekusi sempurna oleh Rendy Juliansyah. Skor 3-0 untuk Indonesia U-16 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Garuda Muda menjuarai Grup G dengan poin sempurna. Dari empat laga, anak-anak asuh Fakhri Husaini meraih nilai 12 untuk mengunci tiket otomatis menuju Piala Asia U-16 di Malaysia tahun depan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA