Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Sunday, 4 Syawwal 1442 / 16 May 2021

Tas Tangan Wanita Lebih Jorok dari Dudukan Toilet

Jumat 15 Sep 2017 05:36 WIB

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri

Wanita sering menggunakan tas tangan dan jarang membersihkannya.

Wanita sering menggunakan tas tangan dan jarang membersihkannya.

Foto: Pixabay

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aksesoris yang digunakan sehari-hari bisa jadi merupakan sumber penyakit. Terkadang kuman-kuman terakumulasi pada benda-benda yang tidak terlintas di pikiran kita. Siapa sangka ternyata tas jinjing para wanita lebih kotor daripada dudukan toilet.

Fakta ini terungkap dari studi yang dilakukan oleh para ahli di The Good Housekeeping Institute. Perempuan menenteng tasnya ke manapun ia pergi. Itulah sebabnya kuman dan bakteri dari segala penjuru dengan mudah menempel di tas.

Para ahli memasukkan tas ke dalam daftar terburuk di mana kuman dan bakteri biasa bertumpuk. Selain karena kerap dibawa bepergian, pemilik. Tas jinjing biasanya meletakkan tasnya di lantai. Tidak bersihnya tas bahkan bisa memicu pemiliknya terserang sakit.

The Good Housekeeping Institute telah merilis delapan titik di mana segala macam kotoran dan kuman berkumpul. Sikat gigi, remote control, dan handuk mandi masuk ke dalam daftar tersebut.

Sebaliknya dudukan toilet, area dapur, dan bagian rumah yang terlihat kotor secara kasat mata tak masuk daftar. Ini karena pemilik rumah secara rutin membersihkannya. "Beberapa dari kita membersihkan seluruh bagian rumah namun melupakan sudut-sudut kecil yang tak disangka merupakan sarang kuman," demikian hasil penelitian tersebut sebagaimana dikutip dari laman Independent.

Kotoran pada sikat gigi terkumpul karena setiap hari digunakan untuk membersihkan gigi dan mulut. Di samping itu kuman-kuman di toilet bisa dengan bebas berpindah tempat tak terkecuali menuju sikat gigi.

Hal yang sama terjadi pada remote control dan keyboard benda-benda elektronik lainnya. Handuk mandi, celemek, tempat tidur hewan peliharaan, karpet, dan spons pencuci piring juga merupakan gudang kuman serta bakteri.

Untuk menghindari penyebaran kuman dan bakteri, para ahli merekomendasikan agar tas jinjing jangan diletakkan di lantai. Letakkanlah tas pada gantungan atau gagang pintu.

Sebelum menyalakan flush dudukan toilet, pastikan menutupnya terlebih dahulu. Pada sikat gigi, sebelum digunakan untuk menyikat usahakan merendamnya dalam air maksimal selama 15 menit untuk mengenyahkan kotoran yang menempel.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA