Senin 11 Sep 2017 11:23 WIB

Kutipan Lima Pembalap Teratas di GP San Marino

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Andri Saubani
Marc Marquez (tengah) diapit dua pembalap Italia, Danilo Petrucci (kiri) dan Andrea Dovizioso pada podium juara MotoGP San Marino, Ahad (10/9).
Foto: EPA-EFE/Fabrizio Petrangeli
Marc Marquez (tengah) diapit dua pembalap Italia, Danilo Petrucci (kiri) dan Andrea Dovizioso pada podium juara MotoGP San Marino, Ahad (10/9).

REPUBLIKA.CO.ID,  MISANO -- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez kembali menobatkan diri sebagai pembalap tercepat di Sirkuit Misano Marco Simoncelli, Italia, Ahad (10/9). Nyaris terjatuh pada lap awal, Marquez terus melaju hingga berhasil mengamankan podium pertama di akhir.

Marquez disusul pembalap Pramac Ducati, Danilo Petrucci di posisi kedua, kemudian Andrea Dovizioso di posisi ketiga. Pembalap Yamah Movistar, Maverick Vinales harus puas finis keempat, disusul Michele Pirro yang merupakan pembalap wild card Ducati di tempat kelima.

ROLers, berikut kutipan kelima pembalap teratas itu usai balapan, dilansir dari Motorsport, Senin (11/9).

1. Marc Marquez, Repsol Honda

"Ini salah satu balapan terbaik sepanjang karier saya. Rasanya sungguh luar biasa sebab membutuhkan konsentrasi penuh mengatur kecepatan sepanjang waktu. Sangat mudah melakukan kesalahan, dan sebab itu saya memutuskan menyerang di lap-lap terakhir. Putaran itu sangat luar biasa. Saya mengambil banyak risiko, namun dengan musim yang segera berakhir, patut memperjuangkan lima poin tambahan untuk kemenangan tersebut."

"Awalnya saya tak cukup yakin, mungkin karena begitu banyak air di lintasan, dan saya sempat mengalami beberapa detik menyeramkan. Lorenzo tampil luar biasa sejak awal, begitu juga Danilo usai Lorenzo tergelincir. Tapi, saya akhirnya bisa mengikutinya dan menyerang. Berkat tim, saya bisa tampil hebat. Saya senang hasil pekerjaan mereka setelah apa yang terjadi di Silverstone. Kami selalu berusaha siap menghadapi segala situasi, jadi kami tahu bahwa mengubah pengaturan dari basah ke kering membutuhkan waktu lama di jalur ini, sehingga kami sepakat jika lintasan mengering, bahkan jika ada kemungkinan kecil balapan flag to flag, saya sudah meminta tim memberi tanda."

"Jadi, saya melakukannya dan syukurnya hal itu tak terjadi. Kejuaraan kali ini luar biasa karena membawa saya kembali ke puncak, sama dengan angka Andrea. Lima balapan tersisa pastinya sangat sulit. Kami harus memberikan 100 persen yang kami punya. Terakhir, saya ingin mengucapkan selamat kepada Toni Bou untuk gelar ke-22. Sungguh menakjubkan. Terus berjuang, Toni."

2. Danilo Petrucci, Octo Pramac Racing

"Ini adalah balapan fantastis. Sejak putaran pertama, perasaan saya sudah bagus. Saya memimpin cukup lama sampai akhirnya melihat Marquez di belakang. Saya pikir saya bisa tetap di depan, namun kekhawatiran saya bahwa dia akan menyalip dan melaju cepat terjadi. Marquez melakukannya di lap-lap terakhir, dan itu sungguh fantastis. Dia pantas mendapat kemenangan ini. Saya ingin memenangkan balapan, namun akhir yang seperti ini tetap membuat akhir pekan saya bahagia. Terima kasih saya kepada seluruh tim."

3. Andrea Dovizioso, Ducati Corse

"Saya senang dengan podium ketiga hari ini, sebab saya merasa motor kami kurang sempurna. Saya mencoba mengekori Marquez dan Petrucci sampai 20 lap, namun kondisi treknya begitu sulit. Ketika mereka mulai mengurangi waktu putaran mereka, saya harus mengambil terlalu banyak risiko untuk tetap melaju kencang. Saya juga memiliki mengurangi sedikit kecepatan demi membawa pulang 16 angka di tempat ketiga yang sangat penting untuk kejuaraan. Namun, akhir pekan Misano ini menegaskan bahwa kita dapat bersaing di setiap sirkuit dan memperjuangkan gelar sampai akhir."

4. Maverick Vinales, Movistar Yamaha

"Saya senang dengan hasil ini sebab itu yang terbaik yang bisa kami lakukan. Jujur saja, hari ini kami merasa motor 100 persen dan saya mencoba mendapatkan hasil terbaik, meski hanya keempat. Kita harus bekerja keras melakukan perbaikan, terutama di trek basah. Masih perlu memperkuat pegangan pada traksi, jadi kami harus terus maju. Aragon saya percaya bisa menutup celah 16 angka ini. Di balapan kering, kami sangat cepat. Saya senang dengan pencapaian di  Misano, dan semoga kita bisa melakukan hal sama di Aragon."

5. Michele Pirro, Ducati Corse

"Akhir pekan ini kurang baik karena kecelakaan kemarin di babak kualifikasi sempat membahayakan posisi grid saya. Hari ini saya sebetulnya tak terlalu ingin mengambil risiko di lap awal, jadi kesannya saya terlalu lambat. Setelah setengah jalan, saya mulai melaju cepat dan sedikit demi sedikit mendekati Vinales. Tapi, saya memilih berjuang mempertahankan posisi saya, sehingga tak ingin terlalu mengambil risiko setelah dua kecelakaan kemarin. Yang penting, saya ingin menyelesaikan balapan. Hari ini saya betul-betul menikmati diri saya sendiri."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement