Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Jumlah Dosen Bergelar S3 di Indonesia Masih Minim

Ahad 10 Sep 2017 07:55 WIB

Rep: Amri Amrullah/ Red: Endro Yuwanto

Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

Mahasiswa kuliah/Ilustrasi

Foto: Dewi Mardiani/Republika

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Urgensi peningkatan angka doktor di Indonesia menjadi persoalan yang disoroti oleh pemerintah. Berdasarkan data statistik yang dilansir oIeh Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, tercatat pada 2017 jumlah dosen bergelar S3 saat ini sejumlah 34.223 orang.

Jumlah itu sekitar 14 persen dari total 250 ribu dosen di seluruh Indonesia. Angka tersebut masih sangat jauh dari target minimal 20 persen jumlah doktor yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan nasional sumber daya manusia di Indonesia.

"Padahal target pemerintah pada 2019 setidaknya ada 14 ribu dosen yang sudah berstatus lulus program doktoral baik dalam dan luar negeri,'' Koordinator Beasiswa Luar Negeri Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenrisdikti) John Pariwono, Sabtu (9/9).

John menjelaskan, jika dilihat dari proporsi tersebut Indonesia masih kalah dari negara lain, seperti Malaysia dan Singapura. Pasalnya, di sana sudah tak ada lagi dosen yang masih S1. Jika ada yang masih master saja, lanjut dia, mereka merupakan asisten pengajar.

"Kami harus bisa menyamakan SDM supaya tidak ada di bawah. Itu semua melalui pendidikan. Beasiswa juga banyak, termasuk untuk S3 dosen," jelasnya

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA