Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Tuesday, 6 Syawwal 1442 / 18 May 2021

Usia Maksimal yang Bisa Dicapai Manusia

Kamis 07 Sep 2017 14:07 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi: orang tua

Ilustrasi: orang tua

Foto: friendster.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Banyak orang yang berharap agar mereka dianugerahi umur panjang. Tetapi, seberapa panjang usia yang bisa manusia miliki di dunia ?

Seperti dilansir dari laman, Independent, sebuah penelitian baru yang dilakukan di Belanda telah menemukan bahwa rentan hidup maksimum laki-laki dan perempuan berbeda-beda. Rentan hidup maksimum untuk perempuan adalah 115,7 tahun sementara bagi pria sedikit lebih rendah 114,1 tahun.

Ahli statistik dari Universitas Erasmus di Rotterdam dan Tilburg yang mempelajari data dari 75.000 orang yang telah meninggal di Belanda dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Salah satu dari tiga ilmuwan yang melakukan penelitian tersebut, Profesor John Einmahl, dikutip oleh Medical Express mengatakan:

"Rata-rata, orang hidup lebih lama, tapi yang paling tua di antara kita belum bertambah tua selama tiga puluh tahun terakhir ini," ucapnya.

Temuan ini berkorelasi dengan penelitian yang dilakukan di Amerika, di mana rentan umur serupa ditemukan oleh para periset. Mereka menentukan bahwa ketinggian maksimum seseorang pada usia sembilan puluhan dan tidak akan pernah meningkat melampaui 115 tahun.

Angka-angka ini di atas usia seorang wanita asal Prancis Jeanne Louise Calment, yang hidup selama 122 tahun. Pemegang rekor dunia adalah orang tertua yang pernah hidup, lahir pada tahun 1875 dan meninggal pada tahun 1997. Entah prestasinya tidak akan pernah diketahui namun Einmahl bermaksud mempublikasikan studinya pada bulan depan, yang mungkin bisa mengungkapkan kunci kehidupan yang lebih lama.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA