Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

Saturday, 18 Syawwal 1445 / 27 April 2024

HNW Serahkan Daging Kurban pada Korban Kebakaran

Jumat 01 Sep 2017 11:02 WIB

Rep: ALI MANSUR/ Red: Ilham Tirta

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Hidayat Nur Wahid

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Hidayat Nur Wahid

Foto: ROL/Havid Al Vizki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menyerahkan seekor sapi seberat 350 Kg kepada korban kebakaran Jalan Kangkung, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta. Pada pertengahan Agustus 2017, di kampung itu ada kebakaran yang menyebabkan sekitar 245 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal. Mereka saat ini ada yang tinggal di rumah saudara atau sewa rumah.

Selepas menjadi khatib shalat Idul Adha 1438 Hijriyah, HNW meninjau hewan kurban, seekor sapi berwarna hitam. Menurut HNW, berkurban pada hari ini bukan hanya sekadar menyembelih hewan kurban, namun juga motivasi baik dan benar. "Yang diterima Allah bukan hanya daging hewan yang disembelih tetapi juga ketakwaan dan motivasi. Motivasi dalam kehidupan perlu disegarkan," ujarnya, dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (1/9).

Saat ini, diakuinya masyarakat terjebak pada beragam permasalahan sehingga menjadi pragmatis, individualistis, materalistik, dan tak lagi mementingkan nilai-nilai. Untuk itu, pada Idul Adha diingatkan kembali untuk menghadirkan sikap hidup yang sangat mendasar, yakni motivasi yang baik dan benar untuk mengisi kehidupan. 

"Inilah yang menghadirkan kemerdekaan Indonesia. Kalau para pendiri bangsa memikirkan materi, maka Indonesia tak merdeka," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, para pendiri bangsa berjuang karena motivasi yang hebat sehingga Indonesia merdeka. HNW berpesan, dalam Idul Adha jangan menyembelih hewan kurban saja, namun sembelihlah hawa nafsu. Hawa nafsu disebut menghadirkan kekerasan, ketakadilan, dan korupsi. "Hawa nafsu akan melahirkan tragedi," ujarnya.

Idul Adha tak hanya berdimensi ilahiyah, namun juga berdimensi kemanusiaan. Sebagai buktinya, daging kurban dibagikan kepada orang miskin. Hal demikian membuat kedekatan antarmasyarakat. "Sehingga beragama itu rahmatah lil alamin. Jadi idul adha melahirkan kebersamaan," kata HNW.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler